Buat kamu yang sedang melakukan Magang/PKL kamu pasti akan bertemu beberapa rekan kerja yang bermacam-macam sifatnya, ada yang menyenangkan dan friendly, lalu ada juga yang menyebalkan sampai yang sangat sensitif atau yang mudah sekali tersinggung, pasti ada saja satu atau dua orang yang seperti itu di dunia kerja.
Dan ketika rekan kerjamu tiba-tiba mendadak sakit hati, padahal kamu tidak bermaksud membuatnya sakit hati. Tenang saja, aku disini akan memberikan beberapa cara paling jitu menghadapi rekan kerja yang mudah tersinggung. Mari kita simak bersama-sama!
- Tetap Tenang
Cara yang pertama yaitu dengan tetap tenang. Saat rekan kerja tersinggung, kamu bisa saja ikut kesal dan marah. Akan tetapi, seperti dituliskan Psychology Today, jangan lakukan itu. Biarkan saja kekesalannya keluar. Setelah ia selesai mengekspresikan diri, barulah respons rekan kerjamu.
- Bantu mereka memproses emosi
Dengan cara yang kedua ini kamu harus membantu dia untuk memproses emosinya. Menurut Psychology Today, manusia kerap tak tahu apa yang ada di balik emosinya. Jadi, kamu akan bisa menghadapi rekan kerja yang mudah tersinggung dengan cara membantu mereka memproses emosi.
Coba tanyakan pendapat mereka. Menurut rekan kerjamu, apa yang terjadi hingga ia merasa tersinggung? Pertanyaan tersebut akan membantu mereka berpikir dan memahami perasaannya sendiri.
- Temui secara langsung
Cara selanjutnya, kamu temui mereka secara langsung. Konflik sebaiknya diselesaikan secara langsung, termasuk konflik yang muncul karena temanmu mudah tersinggung. Ajak ia mengobrol secara empat mata. Dengan begitu, rekan kerjamu merasa lebih nyaman kalau harus berterus terang. Tak hanya itu, cara ini juga lebih profesional.
- Yakinkan bahwa kamu tak bermaksud menyakitinya
Cara selanjutnya, yakinkanlah teman kerjamu yang tersinggung itu bahwa kamu sama sekali tidak bermaksud menyakitinya. Kalau memang perlu, awali dengan permintaan maaf atas miskomunikasi yang terjadi. Dengan cara ini, kamu bisa menghadapi rekan kerja yang sensitif dengan baik.
- Tanyakan apa yang harus kamu lakukan
Cara yang berikutnya, tanyakan kepada mereka apa yang harus kamu lakukan. Setelah tahu akar masalahnya, tanyakan apa yang harus kamu lakukan kepada rekan kerjamu. Dengan langkah ini juga membantu mereka berpikir dan memproses emosi.
Selain itu, kamu juga tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Proses komunikasi ini akan menyelesaikan konflikmu.
- Jaga bahasa dan pilihan katamu
Selanjutnya, jaga bahasamu dan pilihlah kata-kata yang sekiranya tidak akan membuat orang lain tersinggung. Sebab, orang sensitif sering kali salah paham saat kamu memakai kata-kata yang ambigu.
Jadi, saat harus berbicara dengannya, sampaikan pesanmu dengan gamblang. Tak hanya itu, perhatikan juga nada bicara dan konteks penyampaian pesanmu. Strategi ini akan mencegah teman kerjamu merasa tersinggung. Kamu pun bisa lebih fokus saat bekerja.
- Ciptakan suasana santai
Cara selanjutnya, yaitu dengan menciptakan suasana yang santai. Ketika konflik dengan rekan kerjamu sudah reda. Saatnya menciptakan suasana kantor yang lebih santai. Kalau berlarut-larut, ketegangan antara kamu dan rekan kerja hanya membuat suasana kantor tak nyaman. Tak hanya itu, ketegangan tersebut tak ada untungnya.
Jadi, coba buat suasana yang lebih santai, berikut tips melakukannya:
- mulai percakapan lebih dulu
- cari topik obrolan yang kamu dan rekan kerja sukai
- puji rekan kerjamu
- tawari rekan kerjamu makanan
- dan lain-lain
- Jika memungkinkan, katakan pendapatmu dengan jujur
Dan cara yang terakhir ini, jika sangat memungkinkan katakan kepada mereka tentang pendapatmu dengan jujur. Coba katakan akar dari masalah padanya. Walau ia kerap merasa disakiti orang lain, tak semua orang bermaksud demikian.
Dengan cara ini, kamu bisa menghadapi dan mengurangi sifat sensitif si rekan kerja. Ingat, tetap perhatikan pilihan kata, nada bicara, dan situasi, ya. Jangan sampai ia malah tersinggung kembali.
Demikian beberapa cara menghadapi rekan kerja yang sensitif alias mudah tersinggung di tempat magang/pkl. Aku berharap, kamu bisa menyelesaikan masalahmu dengan baik, ya!