More

    Membangun Kebiasaan

    Program Praktek Kerja lapangan (PKL) dan Kuliah Industri (KI) di Kinergi Indonesia hakikatnya adalah proses membangun kebiasaan untuk selalu siap mempelajari hal baru, menerima tantangan, dan tentunya meyelesaikannya dengan efektif bermodalkan komunikasi dan konsistensi.

    Salah satu skill yang dibangun selama  masa PKL adalah mempresentasikan ide melalui tulisan dan video (multi media) yang di fasilitasi oleh website pkl.web.id dimana tulisan – tulisan di website ini merupakan karya para perserta PKL / Kuliah Industri.

    Dari tulisan – tulisan ini, kita dapat mengevalusi perkembangan dan kematangan mereka dalam menggali, mengobinasikan, dan mempresentasikan ide. Kita dapat melihat perkembangan kualitas tulisan dari tulisan pertama yang dipublikasikan dan hingga tulisan terakhir selama masa PKL. 

    Melalui jumlah artikel yang ditulis, kita dapat secara jelas melihat konsistensi setiap peserta dalam mengambangkan kemampuannya. Saat membaca tiap artikelnya, kita juga dapat melihat semangat dan bagaimana setiap peserta memasukkan “passion” dalam tiap untaian kalimat yang dibangun.

    Menulis merupakan gerbang pertama membangun self-branding dan membuat skill yang dimiliki diketahui oleh publik, untuk itulah menulis merupakan kebiasaan yang dibangun di Kinergi Indonesia.


    APA YANG DILAKUKAN SELAMA PKL / KI ?

    PKL @ Kinergi Indonesia merupakan program yang bertujuan melahirkan “youngpreneur” yang menguasai ‘life skill’ di era digital. Generasi muda yang mampu menghubungkan antara produsen dan konsumen secara efektif secara digital.

    PKL @ Kinergi Indonesia mengenalkan peserta dengan dunia  kerja di era digital dengan sistem kerja hybrid (WFO – WFH) maupun full WFA (work from anywhere), penggunaan digital tools secara efektif, dan membekali peserta praktek kerja lapangan maupun kuliah industri dengan kemampuan ‘digital selling’ yang efektif dan mendatangkan omzet. 

    Dalam  masa PKL, peserta mempelajari skillset yang dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan dan diajarkan secara praktek langsung :

    • Content Creator Skill
      Kemampuan untuk menulis artikel dan memproduksi konten visual maupun video sesuai kaidah SEO.

      Dengan menguasai skill ini, peserta PKL / Kuliah Industri mampu bekerja sebagai konten kreator bagi perusahaan baik untuk keperluan website maupun media sosial, atau menjadi freelancer konten kreator.

      Berapa gaji website admin ?
      cek disini https://id.indeed.com

    • Website Administrator Skill
      Kemampuan untuk mengelola sebuah website terdiri atas kemampuan update artikel, SEO, dan troubleshoot.

      Dengan menguasai skill ini peserta PKL / Kuliah Industri mampu bekerja sebagai administrator website dan membantu proses branding perusahaan.

      Berapa gaji website admin ?
      cek disini https://id.indeed.com

    • Digital Marketing Skill
      Kemampuan untuk mengenalkan produk dan jasa scara digital dengan efektif, mendatangkan omzet dalam rentang waktu relatif singkat, dan mengoptimalkan berbagai kanal media sebagai media promosi.

      Dengan menguasai skill ini peserta PKL / Kuliah Industri mampu bekerja sebagai digital marketer bagi perusahaan atau membangun peusahaan digital marketing sendiri yang menangani beragam klien.

      Berapa gaji website admin ?
      cek disini https://id.indeed.com

    • Website Developer Skill
      Mampu membangun website sesuai kebutuhan klien yang responsif, elegan, praktis, dan terhubung dengan berbagai media sosial. 

      Dengan menguasai skill ini peserta PKL / Kuliah Industri dapat membangun bisnis web developer secara mandiri atau memberikan nilai tambah pada perusahaan sebagai developer website.

      Berapa gaji website admin ?
      cek disini https://id.indeed.com

    • Young Writer Acceleration Programme (YWAP)
      Sejak Mei 2023, peserta praktek kerja lapangan dan kuliah industri di Kinergi Indonesa diikutsertakan dapam program YWAP dengan target menghasilkan satu buah buku selama program PKL (3 bulan). karya – karya peserta PKL dapat disimak pada tatan berikut : KLIK

    Peserta PKL @ Kinergi Indonesia juga didorong dan didukung untuk memiliki “Personal Project” yaitu menerapkan seluruh kemampuan yang didapat saat PKL pada bisnis rintisan milik tiap perserta.


    HARI DAN POLA KERJA

    Peserta PKL memiliki kewajiban kerja 5 hari seminggu ( senin – jumat ) dimulai pukul 09.00  hingga 16.00. Sabtu, minggu, dan hari libur nasional libur.

    Kinergi Indonesia menerapkan prinsip kerja yang berdasarkan :

    • TRUST, kami percaya bahwa seluruh karyawan (dan peserta PKL/KI) adalah pribadi yang dapat dipercaya dan mampu 
    • KPI/Key Performance Indicator, bahwa setiap pekerjaan terukur pencapaiannya.

    Sejak tahun 2002 Kinergi Indonesia menerapkan tiga jenis pola kerja yang diterapkan pula pada peserta PKL/KI yaitu :

    • Onsite, bekerja dari lokasi kantor
    • WFA / Work From Anywhere dimana karyawan bebas bekerja dari lokasi manapun selama memenuhi Key Performance Indeks yang ditentukan.
    • Hybrid, Kombinasi antara onsite dan WFA dimana peserta PKL / KI hanya disyaratkan hadir di kantor 2 – 3 hari setiap minggunya selebihnya melakukan kerja secara WFA.

    Penetapan tipe pola kerja bagi peserta PKL/KI tentatif bergantung pada kondisi. Calon peserta PKL disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak sekolah/kampus mengenai pola kerja ini.


    JURUSAN YANG DAPAT BERGABUNG

    Karena materi merupakan materi diluar kurikulum SMK/Perguruan Tinggi yang akan diajarkan dari dasar maka program ini dapat diikuti oleh peserta dari berbagai jurusan.


    SYARAT PESERTA PKL / KI

    1. Merupakan siswa / mahasiswa yang dititipkan oleh sekolah/kampus untuk praktek belajar di Kinergi Indonesia ditandai oleh surat pengantar.
    2. Berkomitmen menjalankan dengan baik prosedur kerja di Kinergi Indonesia.
    3. Membawa laptop (untuk pola kerja onsite) atau memiliki akses terhadap komputer dan internet (untuk pola hybrid dan WFA)

    SIAPA SAJA PESERTA PKL DI KINERGI ?

    Kinergi Indoneia telah menerima peserta PKL sejak 2019, siapa sajakah mereka ?

    Sekolah / Kampus yang telah menjadi mitra Kinergi Indonesia 

    • ARS University
    • ICB Cinta Teknika Bandung
    • SMKN 1 Manggar, Belitung
    • SMK Maarif Sukawening Garut
    • SMK Medikacom Bandung
    • SMK Al Aitaam, Bandung
    • SMKN 15 Bandung
    • SMK Yadika Soreang
    • SMK Bakti Nusantara Arjasari
    • SMKN 1 Purwakarta
    • LPKIA
    • POLBAN
    • SMKN 1 Katapang
    • SMK Yapari – Akripa
    • UNIBI
    • ASM Kencana
    • SMKN 1 Cipeundey
    • SMKN 1 Anjatan Indramayu

     

    Para Penulis
    Berikut adalah tim kontributor pkl.web.id yang merupakan peserta program PKL di PT. KMS

    Avatar photo
    61 POSTS
    Avatar photo
    60 POSTS
    Avatar photo
    56 POSTS
    Avatar photo
    34 POSTS
    Avatar photo
    25 POSTS
    Avatar photo
    24 POSTS
    Avatar photo
    20 POSTS
    Avatar photo
    16 POSTS
    Avatar photo
    16 POSTS
    Avatar photo
    15 POSTS
    Avatar photo
    14 POSTS
    Rafi Alfauzi
    12 POSTS
    Avatar photo
    11 POSTS
    Avatar photo
    3 POSTS
    Avatar photo
    3 POSTS
    Avatar photo
    3 POSTS
    Avatar photo
    3 POSTS
    Avatar photo
    2 POSTS
    Avatar photo
    2 POSTS