Saat melakukan WFH mungkin sebagian orang akan merasa sulit untuk mengatur waktu antara kerjaan dan rumah. Untuk itu disini aku akan memberikan beberapa tips manajemen waktu saat WFH agar kamu tidak pusing saat mengelolanya. 

Mari simak beberapa tips dibawah ini: 

  1. Komunikasikan jam kerja dengan rekan kerja

Menurut We Work, kamu bisa memberi tahu pada rekan kerjamu seputar ketersediaan kamu dan hindari mengirim atau membalas email tidak mendesak diluar jam kerja. Manfaat waktu seefisien mungkin. Ketahui bentuk keseimbangan kehidupan kerja dan keluarga kamu saat ini adalah langkah untuk menyesuaikannya. 

 

  1. Tentukan lokasi bekerja

Temukan sebuah sudut ruang yang bisa kamu gunakan untuk ruang kerja khusus setiap hari. Ini adalah cara terbaik untuk tetap produktif dan mengatur waktu kamu dengan benar. Berikan ketentuan, jika salah satu atau keduanya di lokasi bekerja, hindari mengganggu waktu yang produktif. 

Berikan pengertian ini juga pada anak-anak kamu sehingga waktu bekerja bisa tidak terganggu. Bahkan, jangan mencuci baju atau piring, ini akan memakan waktu kerja kamu.

 

  1. Buat jadwal

Mungkin tak terlalu pusing bagi kamu yang belum berkeluarga, namun jika kamu dan pasangan adalah pekerja yang harus WFH dalam satu rumah, sangat diperlukan pembuatan jadwal.

Tepati jadwal tersebut jangan karena berada di rumah lantas bisa mengabaikannya. Ingat, jika kamu tak mengindahkan jadwal, akan ada efek domino sampai kepada tidur kamu yang berantakan.

 

  1. Istirahat setelah beberapa waktu

Berikan tubuh kamu waktu rileks dan beristirahat. Jika tidak salah satu keluhan saat WFH yang paling umum bisa terjadi, yaitu sakit leher, punggung, dan bahu. 

Alan Hedge, direktur kelompok penelitian faktor manusia dan ergonomi di Cornell University memberikan tips agar kamu beristirahat dan membuat rileks atau stretching ringan setelah satu jam bekerja. 

Karen Loesing, pemilik The Ergonomic Expert yang berbasis di California, yang mengevaluasi ergonomi untuk bisnis memberikan masukan, “Ubah lokasi dan posisi sesering mungkin hingga dua kali satu jam untuk meningkatkan sirkulasi kamu.”

Tingkatkan sirkulasi yang baik juga di kaki. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengatur ketinggian kursi kamu, sehingga kaki rata di lantai. Jika itu tidak memungkinkan, gunakan sandaran kaki.

 

  1. Gunakan jasa laundry dan bersih-bersih

Jika kamu kewalahan dengan pekerjaan rumah dan acara masak-memasak serta cucian baju, mengapa tak menggunakan jasa orang lain. Mungkin saja ini juga bisa membantu tetangga atau kerabat yang sedang tak memiliki pekerjaan karena berbagai hal.

Jika tak tersedia, gunakan teknologi untuk meminta jasa bersih-bersih rumah, memesan makanan, dan mengantarkan loundry. Jadi WFH kamu bisa tetap efektif dan produktif bukan? Selamat mencoba ya!

Nah itulah beberapa tips manajemen waktu saat WFH, semoga dengan beberapa tips di atas bisa bermanfaat dan membantu kamu agar kamu tetap produktif walaupun sedang WFH. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here