Kemampuan dalam mengorganisir segala sesuatu sangat dibutuhkan dalam setiap aspek. Misalnya, seseorang harus mampu melakukan perencanaan dan menyusun kegiatan dengan baik agar waktu yang digunakan lebih optimal. Hal ini juga berlaku di lingkungan pekerjaan dimana setiap karyawan harus mampu mengatur pekerjaan untuk mencapai tujuan.

Banyak karyawan yang kesulitan dalam mengatur pekerjaan sehingga pekerjaan menjadi tumpang tindih dan tidak terselesaikan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, setiap karyawan wajib mengorganisir pekerjaannya agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal. Karyawan saja cukup susah dalam mengatur pekerjaan, apalagi kita seorang mahasiswa yang sedang magang atau seorang murid yang sedang melaksanakan PKL yang baru saja mengetahui dunia kerja, belum tau apa-apa bagaimana cara mengatur pekerjaan kantor agar kita bisa bekerja dengan baik!. 

Nah ini dia, bagaimana caranya agar setiap karyawan atau anak magang dapat mengatur pekerjaan dengan baik? Simak tips-tips berikut ini yuk!.

  1. Fokus pada pekerjaan yang penting
    Tentukan tujuan jangka panjang dan prioritas untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  2. Membuat daftar pekerjaan
    Buat daftar harian, mingguan atau bulanan pekerjaan yang harus dilakukan. Periksalah terlebih dahulu daftar yang telah kamu buat dan lakukan pekerjaan sesuai daftar tersebut.
  3. Mengelola waktu dengan baik
    Atur waktu untuk melakukan pekerjaan terutama pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak konsentrasi. Selesaikan pekerjaan yang paling sulit dan sisakan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah atau tidak dikejar deadline.

  4. Menggunakan kalender untuk membuat perencanaan
    Cek dan ricek kalendermu setiap hari untuk mengulas pekerjaan dan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi perencanaan dan penjadwalan dalam merencanakan proyek jangka panjang.

  5. Konsistensi
    Luangkan minimal 15 menit setiap pagi untuk mempersiapkan pekerjaan kamu dan 15 menit setelah jam kerja untuk membereskannya. Organisir segala prioritas setiap hari secara rutin sampai menjadi kebiasaan. Setelah sudah terbiasa, kamu dapat menjalani hari-harimu dengan lebih produktif.

Ini dia teman-teman tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pekerjaanmu di kantor. Semoga bermanfaat baik untuk pengembangan karir mu maupun dalam mengelola kebutuhan hidup sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here