Hallo teman-teman, di artikel kali ini aku akan membahas tentang tantangan apa aja si yang harus kita hadapi di dunia digital marketing, mau tahu? Yuk simak penjelasan berikut. Terlepas apapun bidang pekerjaanmu, pasti selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Di dunia marketing pun, ada tantangan tersendiri yang akan kamu hadapi.
Dengan mengetahui berbagai tantangan bisa memberikan gambaran industri dan dapat mengantisipasi hal-hal tersebut dengan perencanaan yang tepat. Makanya, supaya kamu dapat memahami bagaimana rasanya bekerja di dunia marketing, yuk, simak artikel berikut:
- Mengundang traffic dan lead
Mengundang traffic dan lead adalah tantangan pertama yang paling umum ketika bekerja di dunia marketing. Dengan banyaknya opsi platform untuk merilis dan mempromosikan konten yang dibuat, maka strategi untuk mengundang traffic serta lead pun turut berubah. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi dan mengetahui tipe konten seperti apa yang diinginkan audiens.
Selain itu, promosikan konten dengan cara yang menarik perhatian audiens seperti melalui media sosial atau podcast, yang juga dapat meningkatkan brand awareness.
- Melacak ROI dari kegiatan marketing
Tantangan selanjutnya ketika bekerja di dunia marketing adalah melacak ROI (return of investment) dari setiap kegiatannya. ROI sendiri dapat menunjukkan apakah sebuah campaign berhasil atau tidak. Menurut Hubspot, melacak ROI dari setiap aktivitas marketing bukanlah hal mudah. Terlebih jika tidak ada komunikasi dua arah antara kegiatan marketing dan laporan sales.
Agar terbantu dalam melacak ROI, kamu bisa mencoba menggunakan analytic measurement tools yang dapat memberi statistik seperti page visit dan ranking website-mu.
- Menjaga budget agar tetap cukup
Tantangan di dunia marketing lainnya adalah menjaga agar budget untuk aktivitas pemasaran tetap cukup dan tidak melebihi batas. Tanpa funding yang kuat, kamu tidak akan bisa memaksimalkan potensi marketing dan juga memperlambat perkembangan perusahaan.
Oleh karena itu, penting bagimu untuk menunjukkan nilaimu ke para pemimpin perusahaan. Salah satu strateginya adalah dengan melacak dan melaporkan performance metric dari setiap kegiatan marketing. Beberapa contoh metrik yang bisa dibagikan adalah sebagai berikut:
- customer acquisition cost
- customer lifetime value
- conversion rate
- return of investment
- Mencari tools yang tepat
Mencari tools yang tepat untuk kegiatan marketing adalah tantangan selanjutnya. Menggunakan tools yang paling terbaru dan efektif di setiap aktivitas marketing dapat membantumu menarik dan mempertahankan konsumen. Jika tools yang digunakan tidak mumpuni, hal ini akan membuatmu sulit untuk tetap kompetitif.
Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah customer relationship management software, di mana kamu bisa melacak kontak audiens, mempelajari mereka, dan mengembangkan strategi efektif untuk menarik mereka. Tools lain yang bisa digunakan adalah software analytics dan juga marketing automation tools.
- Bimbang mengambil risiko
Dilansir dari Indeed, kebimbangan untuk mengambil risiko atau mengubah strategi marketing adalah salah satu tantangan yang nyata. Tanpa keberanian untuk mengambil risiko, hal ini akan membuatmu kesulitan menemukan teknik marketing yang efektif, tertinggal dari tren, dan juga perusahaan sulit berkembang.
Untuk menanggulanginya, kamu bisa memperhatikan keadaan untuk mengetahui strategi yang tepat dan tren baru apa yang bisa dimanfaatkan. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengaplikasikannya bersamaan dengan strategi mu sekarang ini. Lalu, lihat tingkat kesuksesannya.
- Market baru
Mendapatkan market baru adalah tantangan selanjutnya dalam dunia marketing. Adanya market baru dapat membuat strategi, tujuan, dan struktur marketing yang sudah ada menjadi tidak efektif.
Meski begitu, adanya market baru bisa jadi sejalan dengan perkembangan perusahaan. Sehingga, kamu harus bisa mengharapkan hal ini. Untuk bisa mempersiapkan hal ini, kamu bisa mencoba untuk memaksimalkan presence-mu di internet, termasuk website dan media sosial.
- Customer retention
Customer retention adalah salah satu tujuan utama dalam pemasaran. Karena itu, hal ini juga adalah salah satu tantangan dalam marketing. Hal ini karena, mencari konsumen baru memiliki biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, agar biaya yang digunakan tetap efektif dan bisa mendulang profit, customer retention sangatlah penting.
Customer retention yang rendah dapat mengakibatkan biaya pemasaran dan pengiklanan perusahaan lebih tinggi dibandingkan pendapatannya. Agar customer retention tinggi, cobalah untuk menawarkan diskon atau melakukan email marketing agar bisa menjaga hubungan konsumen.
- Memilih taktik yang efektif
Ada berbagai cara untuk meraih konsumen. Sehingga, penting bagimu untuk memilih dan menentukan taktik dan strategi yang efektif dalam kegiatan marketing. Sebuah campaign dengan taktik yang efektif dapat mengurangi biaya dan meningkatkan profit. Meski begitu, hal ini pun menjadi salah satu tantangan di dunia marketing.
Salah satu cara untuk mengetahui taktik paling efektif adalah dengan mengukur seluruh campaign di setiap platform dengan menggunakan metrik yang sudah ditentukan. Hal ini dapat membantumu untuk mengetahui platform dan taktik apa yang terbaik dan juga memfokuskan aktivitas marketing di sana.
- Kompetisi yang semakin tajam
Dunia marketing yang terus berkembang menjadi salah satu tantangan yang akan dihadapi. Sehingga, kompetisi pun akan bermunculan dan menjadi semakin tajam. Agar tetap stand-out, kamu bisa berfokus untuk memproduksi konten yang berkualitas.
Dengan begitu, kamu bisa mengungguli kompetitor mu meskipun kuantitas konten yang dibuat lebih sedikit. Itulah beberapa hal mengenai berbagai macam tantangan di dunia marketing yang umumnya dihadapi oleh setiap orang yang bekerja di bidang tersebut.
Itu dia guys artikel kali ini. Semoga, kamu jadi bisa lebih paham mengenai bagaimana rasanya bekerja dan berkarir di dunia marketing, ya.