Saat masih baru pertama kali masuk ke tempat pkl hal pertama yang kita lakukan tentu saja beradaptasi pada lingkungan kerja kita. Pastinya ada beberapa yang membuat kita tertekan dan membuat pekerjaan kita kurang lancar. Merasa tertekan pada saat pkl juga hanya berlaku dan dirasakan pada sebagian orang, dan hal ini dapat kita perbaiki seiring waktu. 

Agar tugas yang kita kerjakan menjadi lancar tanpa merasa tertekan dan membuahkan hasil yang sempurna. Menghilangkan tekanan juga dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Penasaran bagaimana tipsnya? yuk simak beberapa tips dibawah!

1. Tenangkan Pikiran

Yang pertama adalah dengan tenangkan pikiran. Penyebab dari munculnya tekanan juga bisa berasal dari diri kita sendiri. Terkadang kita sering merasa tertekan ketika memikirkan masalah keluarga atau masalah diluar, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Tenangkan pikiran kamu dan belajarlah untuk memisahkan antara masalah dan pekerjaan.

2. Buat Diri Kamu Merasa Nyaman

Yang kedua yaitu buat diri kamu sendiri merasa nyaman. Untuk mengurangi tekanan ketika bekerja, kamu harus berusaha agar membuat diri kamu senyaman mungkin ketika bekerja. Ketahui hal apa yang membuat kamu nyaman, seperti mengatur nafas atau tertawa.

3. Ketahui Penyebabnya

Yang ketiga ini kita harus mengetahui penyebabnya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah, mengetahui sebab mengapa kita merasa tertekan ketika bekerja. Penyebabnya bisa di dasarkan dari lingkungan kerja, rekan kerja, sikap atasan, dan lainnya. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan tindakan yang positif, dan tergantung dari penyebab apa yang menyebabkan kamu merasa tertekan di lingkungan kerja.

4. Fokus Pada Tujuan

Yang keempat berusahalah untuk tetap fokus pada tujuan kita. Ingatlah apa tujuan kamu untuk bekerja, entah itu ingin menambah pengalaman, meningkatkan skill, atau ingin membiayai hidup. Fokus pada tujuan kamu dan lupakan semua yang menjadi penyebab kamu merasa tertekan ketika bekerja. Memfokuskan diri pada alasan mengapa kita bekerja, dapat meningkatkan semangat kerja kita. Memikirkan hal yang positif akan tujuan kita juga dapat mengurangi tekanan dalam bekerja.

5. Membangun Hubungan dengan Rekan Kerja

Dan yang terakhir bangunlah hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja. Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja juga dapat mengurangi rasa tekanan kita dalam bekerja, kamu dapat membagi cerita alasan kamu merasa tertekan ketika bekerja. Sebagai seorang rekan sekaligus teman, mereka mau berbaik hati untuk mengatasi masalah tekanan kamu dalam bekerja dan memberikan kamu motivasi. Namun, ingatlah selalu agar tidak membagikan masalah personal pada rekan kerja, sebab hal ini dapat menimbulkan masalah dan konflik lain dalam lingkungan kerja.

Semoga 5 tips diatas bisa membantu teman-teman agar bisa bekerja dengan baik dan nyaman tanpa tekanan. Dan produktivitas teman-teman lebih meningkat. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here