Hai para Pembaca… balik lagi sama aku Meisya

Kali ini saya membawakan artikel yang bermanfaat bagi kalian semua yang lagi kerja tim tapi WFH,  dalam bekerja tim tentunya harus ada komunikasi, komunikasi yaitu kunci untuk menjaga keharmonisan dan keberhasilan antar tim, terutama pada saat kalian bekerja jarak jauh atau  WFH .

Membangun Komunikasi

Nah di artikel aku kali ini aku punya beberapa tips membangun komunikasi yang efektif dengan tim pada saat WFH , mau tau kan apa itu tips nya? yuu mari kita bahas..

Berikut 8 Tips Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Team Pada Saat WFH :

  1. Jadwalkan Waktu untuk berkomunikasi : Seperti pada saat Anda bekerja di kantor, penting untuk memastikan Anda dan tim Anda memiliki waktu yang dijadwalkan untuk berbicara dan berkomunikasi. Buatlah jadwal pertemuan antara tim atau individu, dan pastikan anggota tim dan pahami jadwal yang telah kalian buat.
  2. Gunakan media komunikasi yang sesuai : di dunia digital tentu banyak sekali media yang bisa kalian pilih untuk berkomunikasi, maka dengan ini kalian bisa menggunakan media komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian, misalnya seperti zoom meeting, skype,  dan  masih banyak lagi, dan pastikan semua anggot tim memiliki akses ke media komunikasi yang sama.
  3. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami : sangat penting bagi kalian menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami anggota tim kalian, karna dalam media komunikasi akan sangat berpengaruh dalam peringatan sesuatu.
  4. Dengarkan dengan aktif : ketika kalian berbica ataupun menjelaskan sebuah materi pastikan kalian memberikan perhatian penuh kepada apa yang anggota tim kalian katakan.
  5. Jadilah seseorang yang jelas dan terbuka : dan pastikan kalian jelas dan terbuka dalam komunikasi kalian dengan anggota tim kalian. Dan jangan ragu untuk berbicara tentang kekhawatiran atau masalah yang mungkin kalian miliki, semakin mudah komunikasi kalian maka semakin mudah bagi anggota tim kalian untuk membantu dan menyelesaikannya.
  6. Jangan takut untuk bertanya : jika ada sesuatu yang tidak jelas atau memerlukan penjelesan yang lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada anggota tim kalian, jangan menganggap bahwa anggota tim kalian tau atu memahami semuanya, dengan bertanya dapat membantu menghindari kesalah pahaman atau kesalahan yang dapat mengganggu kinerja tim.
  7. memberikan umpan balik secara teratur :maksud dari memberikan umpan balik terhadap anggota tim contohnya dengan memberikan pujian ketika anggota tim kalian melakukan pekerjaan yang baik, dengan memberikan umpan balik dapat membantu memperkuat kerjasama dan menjaga semangat dan motivasi tim.
  8. tetap positif dan terbuka : tetap positif dan terbuka dalam komunikasi antara kalian dengan tim kalian, jangan biarkan stres atau kekhawatiran mempengaruhi cara kalian berkomunikasi, dan tetaplah optimis dan fokus terhadap solusi bukan masalh.

Mungkin sampai disini artikel aku hari ini, semoga bermanfaat untuk kalian dan jadikan setiap semua kejadian menjadi pelajaran bagi kalian, dan satu hal yang penting dalam kehidupan yaitu komunikasi, dengan adanya komunikasi maka kehidupan kalian akan harmonis dan terjaga, aku pamit undur diri sampai ketemu di artikel aku selanjutnya bye-bye….

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here