Bukan Cuma Skill, Beberapa Hal Berikut Perlu Kamu Explore Saat Magang/PKL

0
54

Magang/PKL dilakukan oleh siswa SMK atau juga mahasiswa semester akhir. Bahkan, sekarang ada lho magang yang menerapkan sistem online, jadi kamu bisa mengikutinya dari jarak jauh.

Saat magang, kamu akan belajar menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Kamu akan mengubah teori menjadi praktek. Jika di sekolah atau di kampus kamu diajari teori, di tempat magang/PKL kamu akan mempraktekan tentang ilmu yang kamu sudah pelajari di sekolah atau kampus tersebut. Kamu juga tentunya akan mengasah skill yang kamu punya. Tapi, kamu tau ga sih ada beberapa hal lain yang perlu kamu latih lho saat magang. Apa aja? Yuk simak dibawah ini.

  1. Belajar komunikasi organisasi langsung di lapangan

Komunikasi organisasi adalah sebuah proses pertukaran pesan antar anggotanya di dalam lingkungan organisasi. Misalnya seperti, komunikasi dengan pembimbing,komunikasi sesama anak magang, komunikasi dengan rekan kerja, komunikasi dengan atasan, dan komunikasi dengan klien.

Nah, saat magang inilah kamu harus melatih diri kamu berbicara dengan orang orang yang ada di tempat magang/PKL. Karena semua ada cara dan juga attitude nya. Mungkin sesama anak magang kamu bisa berbicara atau berdiskusi dengan santai layaknya teman sebaya. Tapi tidak dengan reakn kerja/karyawan apalagi dengan atasan. Kamu juga perlu tau dan perlu meneliti bagaimana kepribadian mereka. 

  1. Menjaga attitude di tempat kamu magang/PKL 

Attitude atau sikap sangatlah penting. Mau dimanapun kamu berada kamu harus menjaganya. Karena sebetulnya hidup di kantor bukan hanya bekerja, tapi juga mencari teman dan memperluas relasi. Cobalah untuk bersikap dewasa dan tidak menjadi orang yang pemarah. Terlebih lagi posisi mu sebagai anak magang/PKL, kamu harus bersikap sopan karena kamu orang baru di tempat itu.

  1. Belajar terbuka dengan orang baru

Terbuka disini bukan berarti kamu harus menceritakan seluruh kehidupanmu. Melainkan kamu harus mau berkenalan dengan orang lain, menawarkan bantuan kepada rekan kerja yang kesusahan, dan juga ramah kepada semua orang. Bukan hanya skill yang kamu tunjukan tapi kepribadianmu juga ya.

  1. Menyampaikan pendapat

Kalau kamu punya pendapat, ide, dan saran kamu boleh untuk menyampaikannya. Meskipun kamu anak magan, kamu juga punya hak untuk berpendapat. Malah atasanmu akan senang karena memiliki anak magang yang aktif dalam berpendapat. 

  1. Belajar menghadapi klien

Kalau kamu baru  pertama kali magang dan harus berhubungan dengan klien, pastinya panik an bingung bukan? Nah, disinilah saatnya kamu melatih komunikasi organisasimu. Jika kamu gugup dan  bingung, kamu boleh banget lho bertanya dengan pembimbingmu atau teman magangmu. Persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here