More
    HomeArtikelLagi Magang? Ini Tanda - Tanda Kerja Magang atau PKL Kamu bisa...

    Lagi Magang? Ini Tanda – Tanda Kerja Magang atau PKL Kamu bisa Berubah Menjadi Pekerja Tetap

    Menjadi anak magang atau PKL bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan kerja yang berhubungan dengan bidang yang kamu jalani. Beberapa minggu di awal kamu pasti akan merasakan perasaan gugup dan juga kamu mencoba untuk  beradaptasi dengan lingkungan di tempat kerja. Setelah minggu itu terlewatkan kamu pasti sudah lancar, tidak meraba-raba lagi mengenai pekerjaan kamu dan juga mulai percaya diri dengan apa yang kamu kerjakan. 

    Jika perusahaan tempat kamu magang atau PKL sangat cocok denganmu dan kamu senang magang atau PKL disana, mungkin kamu ingin dan berangan-angan menjadi pekerja tetap di sana bukan? Kamu pastinya berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. Akan tetapi, kamu juga jangan semena mena dalam menampilkan dirimu saat mengerjakan pekerjaan. Kamu harus tetap memiliki sopan santun dan juga memilih jalan yang benar.

    Selama magang juga kamu akan selalu berhadapan dengan evaluasi kerja, apalagi kamu seorang mahasiswa magang atau siswa PKL, kamu akan selalu diperhatikan oleh atasanmu bagaimana kinerja mu selama magang atau PKL. Dengan demikian memberikan kinerja yang baik itu akan menjadi peluang yang bagus untuk kamu berubah menjadi pekerja tetap di perusahaan tempat kamu magang atau PKL.   

    Dan, inilah tanda-tanda kamu bisa berubah menjadi pekerja tetap selama magang atau PKL.

    1.Bos kamu tidak mengatur kamu

    Apakah atasan di perusahaan kamu magang membebaskanmu untuk melakukan hal-hal dengan caramu sendiri daripada atasanmu langsung yang memberikan penjelasan lebih detail?

    Jika iya, ini adalah salah satu tanda yang baik untuk kamu kedepannya. Karna atasanmu mempunyai rasa percaya yang tinggi terhadapmu dari segi kemampuan dan kreatifitas kamu. Dan juga, bisa saja atasanmu memang bukan tipe bos yang selalu menekan karyawannya. Tapi di samping itu, kamu juga harus memberikan pekerjaan yang terbaik, jika tidak mungkin atasanmu tidak akan tinggal diam dan tidak membaskanmu lagi. 

    2.Atasan dan rekanmu merespon dengan baik

    Apakah atasan dan rekan kerja suka bekerja tim dengan mu? Apakah saran dan pandangan mengenai pekerjaan yang kamu beri selalu didengar dan dihormati? Inilah tanda yang positif ketika kamu berhubungan dengan orang orang di perusahaan tempat kamu magang. Terlepa dari jabatan dan latar belakang. Jika kamu disukai oleh banyak rekan kerja, bisa saja ini tanda kalau kamu menjadi  anak magang atau PKL yang sangat berharga.

    3.Kamu sering mendapat feedback positif

    Apakah kamu sering mendapatkan pujian yang membuat mu senang dai rekan kerja do tempat magang atau PKL? Baik dari hasil kerjamu atau orang orang yang senang jika bekerja bersama mu? Feedback positif merupakan tanda yang sangat baik sekali. Terutama ketika hal tersebut datang dari orang-orang di berbagai departemen atau pihak luar perusahaan yang tidak mengenal kamu dengan baik. Mereka jelas cukup terkesan untuk memberi tahu bahwa kamu melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi, ada baiknya untuk kamu meneruskan pekerjaan yang sudah baik!

    4.Kamu mulai terlibat dalam proyek yang penting dan menarik

    Apakah kamu sering ditugaskan dan dilibatkan untuk proyek yang menarik dan menantang? Jika jawabannya ya, hal tersebut merupakan pertanda bahwa atasan menganggap kamu cukup kompeten untuk menghadapi tantangan dan ingin mengembangkan keterampilan serta bakatmu. Dengan memberikan tugas-tugas penting nan rumit, besar kemungkinannya bahwa atasan mempercayai dan terkesan dengan kinerjamu.

    5.Atasan dan kolega senang meminta pendapatmu

    Apakah kamu sering dimintai pendapat di tempat kerja? Itu merupakan tanda yang jelas bahwa kamu dipandang sebagai seseorang yang memiliki kontribusi yang nyata dan dihormati dalam tempat kerja. Biasanya, orang-orang hanya meminta pendapat jika mereka peduli dengan apa yang kamu katakan. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, terutama untuk seorang anak magang.

    Memang tidak ada cara pasti yang dapat menjamin bahwa magang akan berubah menjadi pekerjaan full time, namun jika hal-hal di atas terjadi padamu, maka kamu kemungkinan besar memiliki peluang bagus untuk ditawari posisi permanen. Semoga beruntung!

    Dinda Risty Ayuni
    Dinda Risty Ayuni
    Dinda panggilannya. Seorang Mahasiwi ASM Kencana Bandung Prodi D3 Kesekretariatan, yang sekarang sedang menjadi administrator website korea.artisindonesia.web.id, menjadi editor in chief di web pkl.web.id dan juga mempunyai ilmu mengenai digital marketing.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    spot_img