Magang/PKL Lintas Jurusan? Ini dia 5 Dampak Magang/PKL Berbeda Jurusan yang Perlu Kamu Tau

0
79

Memilih magang/PKL berbeda jurusan tentu bukan hal yang mudah jika dibandingkan bekerja di tempat yang sesuai dengan apa yang selama ini kamu pelajari. Akan tetapi, bukan berarti ini hal yang tidak mungkin. Ada banyak kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa kamu dapatkan dari magang lintas jurusan ini. Berikut beberapa dampak magang/PKL lintas jurusan

  1. Ilmu yang Dipelajari Tidak Teraplikasikan

Ketika kamu magang/PKL di perusahaan dan posisi yang sama sekali berbeda dengan jurusan kuliah/sekolah kamu, sudah pasti keilmuan yang selama ini kamu pelajari dalam beberapa semester menjadi tidak bisa diaplikasikan. Padahal, barangkali tujuan magang/PKL kamu adalah untuk menerapkan apa yang selama ini dipelajari di dalam dunia kerja. Alahasil, kamu seperti mengulang dari nol. Namun, jika kamu memang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus yang berkaitan dengan posisi magang/PKL, kamu tentu tidak akan kerepotan.

  1. Mengalami Culture Shock

Hal pertama yang akan dirasakan ketika magang berbeda jurusan adalah mengalami culture shock. Kamu akan menghadapi hal yang barangkali baru bagi kamu dengan sederet tugas yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari di perkuliahan/ di sekolah. Biasanya, masa-masa kebingungan ini ada di beberapa minggu awal kamu magang/PKL.

Namun, jika kamu bisa menghadapinya dengan baik, kamu tentu akan dapat menikmatinya. Apalagi, jika kamu memang memiliki passion tersendiri terhadap pekerjaan lintas jurusan itu, pastinya segala hal baru yang harus dipelajari tidak akan membebani diri kamu.

  1. Perlu Mempelajari Hal Baru dari Awal

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika kamu memilih magang/PKL di posisi yang berbeda dengan jurusan kamu, kamu tentu harus mempelajari banyak hal baru dari awal lagi. Sebab, umumnya ketika kamu bekerja atau magang/PKL lintas jurusan, kamu benar-benar menghadapi tugas dan pekerjaan yang berbeda dengan apa yang kamu pelajari di bangku kuliah/ sekolah. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dan waktu kamu untuk mempelajari hal baru tersebut agar bisa mengikuti proses magang/PKL dengan baik.

  1. Jenjang Karier yang Berbeda

Magang lintas jurusan tentu berpengaruh pada jalur karier yang nantinya kamu hadapi. Sebab, aktivitas magang/PKL ini nantinya akan berkaitan dengan portofolio yang akan sangat berpengaruh terhadap proses pencarian kerja sesungguhnya. Jika kamu magang/PKL di perusahaan logistik misalnya, kesempatan kamu bekerja di bidang yang sama yakni logistik tentu lebih besar dibanding dengan background pendidikan kamu yang berbeda. 

Oleh karenanya, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik ketika magang/PKL lintas jurusan. Tak hanya membangun portofolio, magang/PKL juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan networking yang sedikit banyak membantu kamu dalam terjun ke dunia kerja sesungguhnya. 

  1. Harus Terus Mengupgrade Diri

Jika kamu memilih magang/PKL lintas jurusan, kamu  juga harus siap untuk terus mengupgrade diri dan kemampuan. Hal ini agar kamu bisa menyelesaikan setiap tugas yang diberikan di posisi magang/PKL atau pekerjaan kamu. Selain itu, kamu juga perlu melihat apakah magang/PKL lintas jurusan ini dapat memberikan potensi kemampuan yang nantinya kamu butuhkan di dunia kerja yang sesungguhnya atau tidak.

Itulah beberapa dampak magang berbeda jurusan yang barangkali harus kamu hadapi. Meski demikian, magang/PKL lintas jurusan ini tentu tidak selamanya buruk. Apalagi, jika kamu memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang yang kamu sukai dan sesuai dengan posisi magang/PKL kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here