PENGALAMAN MENJADI ADMINISTRATOR WEBSITE RBL (Research Based Learning) PART 2

0
59

Hallo, di artikel sebelumnya aku udah menceritakan gimana sih pengalaman aku menjadi administrator RBL, dan aku juga udah menjelaskan apa itu RBL (Research Based Learning). Nah, untuk di artikel ini, aku mau menceritakan mengenai PKWU.

Apa itu PKWU? Prakarya dan kewirausahaan atau biasa di sebut dengan PKWU merupakan salah satu mata pelajaran baru yang muncul untuk dapat dipelajari oleh siswa. Dengan harapan siswa dapat memproduksi dan mencipta lebih kreatif, inovatif meningkatkan nilai sensibilitas terhadap kemajuan jaman sekaligus mengapresiasi teknologi kearifan lokal.

 Prakarya dan Kewirausahaan terdiri dari 4 aspek yang siswa dapat pelajari yaitu Kerajinan, Budidaya, Rekayasa dan Pengolahan. Selain itu siswa diharapkan dapat berwirausaha setelah menghasilkan produk yang telah dibuat.

Program Kewirausahaan berbasis riset melalui tahapan Design Thinking, menghasilkan produk yang mengedepankan empati terhadap masyarakat dan lingkungan. Membangun potensi entrepreneur melalui kajian Bisnis Model Canvas (BMC) sebagai bekal pebisnis muda di masa mendatang.

Sebetulnya PKWU itu berhubungan dengan RBL, maka dari itu aku membuat judul yang sama dengan artikel sebelumnya. Di PKWU ini sama saja sebetulnya seperti di RBL. Tapi yang berbeda adalah jika RBL berisi mengenai karya tulis ilmiah sedangkan PKWU berisi mengenai produk kreatif dan inovatif yang dibuat oleh para siswa dan siswi di SMAN 3 Bandung.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di website rbl.sman3bandung.com . Ada 32 produk PKWU yang aku upload di website Research Based Learning – SMAN 3 Bandung. Sejujurnya untuk mengupload konten PKWU ini sama saja seperti RBL. Tapi, ada yang berbeda sedikit mengenai pengambilan gambar untuk kontennya.

Jika RBL kontennya dari google drive berupa pdf, sedangkan untuk PKWU ini dari link seperti gambar berikut :

Setelah itu disetiap kelasnya ada banyak produk yang dihasilkan oleh siswa dan siswi SMAN 3 Bandung. Di dalam artikel produk itu disertakan gambar dan deskripsi produk. Seperti gambar berikut :

Nah, itulah gambarannya. Pertama aku mendownload semua gambar – gambar produk PKWU di setiap kelas. Setelah itu aku rename dan resize setiap gambarnya, aku rename berdasarkan nama produk_tim_tahun. Dan jika semua gambar selesai di rename dan juga di resize langsung upload saja, tapi bukan cuma foto produk saja, aku juga memasukan nama produknya, tim yang membuat, deskrpsi produk, manfaat, keunggulan, dan juga harga. Setelah semua beres, upload dan akan menghasilkan artikel seperti ini :

Untuk cerita pengalamanku saat menjadi administrator website RBL part 2 ini, aku cukupkan. Terima Kasih, sampai jumpa di tulisanku yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here