Hallo teman-teman, di artikel kali ini aku akan membahas tentang soft skill marketing. Jika hard skill berbicara soal pemanfaatan teknologi tertentu, maka soft skill marketing ini akan berbicara mengenai kemampuan individual yang perlu dimiliki marketer.
Tanpa kelengkapan soft skill, seorang marketer tidak akan bisa total dalam melakukan pemasaran.
- Kreativitas untuk skill marketing
Kreativitas adalah senjata utama bagi setiap orang, tak terkecuali marketer. Dengan bersikap kreatif, ia akan selalu punya alternatif untuk mewujudkan target pemasaran yang diberikan. Salah satu cara menerapkan kreativitas di bidang marketing adalah saat membuat kampanye, baik itu digital maupun fisik. Dengan kreativitas, ia tidak hanya akan menciptakan kampanye yang sukses dari segi proyek maupun keuntungan, tapi juga bisa berpotensi untuk selalu diingat oleh masyarakat.
- Skill beradaptasi pada marketer
Dalam setiap proyek kampanye yang dikerjakan, seorang marketer dituntut untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Tanpa adaptasi yang baik, mustahil mereka akan selalu dapat memenuhi hal tersebut. Adaptasi jadi penting lantaran marketing tidak hanya akan bekerja dengan setiap proyek baru dalam waktu yang singkat. Tapi juga berguna saat bertemu dan menghabiskan waktu dengan klien baru. Tak ketinggalan juga membantu dalam menggunakan teknologi terkini.
- Skill marketing untuk kolaborasi
Pekerjaan yang secara tim menuntut seorang marketer untuk tidak bekerja sendirian. Di setiap proyeknya, ia akan bekerja dengan orang lain atau tim yang berbeda, seperti brand, SEO/SEM, media sosial hingga analis. Hal tersebut mewajibkan seseorang yang bekerja dibidang ini untuk mampu berkolaborasi. Tanpa kemampuan tersebut, bukan hanya target individu yang mungkin tidak akan terpenuhi, tapi juga target tim.
- Skill marketer dalam mengatur waktu
Saat mengerjakan sebuah proyek, ada timeline yang harus dipenuhi oleh setiap marketer. Mengapa demikian? Karena marketing adalah suatu proses berantai yang tidak akan pernah habis dan berhenti. Dengan manajemen waktu yang baik, marketer akan tahu kapan harus melakukan brainstorming, eksekusi, dan evaluasi. Tanpa manajemen waktu yang baik, ia tidak hanya akan mempertaruhkan pekerjaannya, tapi juga perusahaan tempat ia bekerja.
- Skill kepemimpinan dalam marketing
Soft skill marketing ini seharusnya menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya marketer saja. Pasalnya, softskill ini berhubungan dengan sikap seseorang saat menghadapi sesuatu. Dengan kepemimpinan yang tinggi, seorang marketer akan selalu cekatan dalam melakoni setiap tugas yang diberikan.
Patut diingat, berbeda dengan pekerjaan lain, area pemasaran membuat seseorang diharuskan untuk bisa fleksibel dan memahami pekerjaan, yang terkadang bahkan bukan job desc-nya.
Itu dia keahlian di dunia marketing yang bisa kamu telaah. Semoga membantu teman-teman:)