Tips Manajemen Waktu Untuk Anak PKL Ala Vinda

0
74

Hai, selamat datang di tips kehidupan PKL ala Vinda, kali ini aku mau membagikan beberapa tips mengatur waktu khususnya untuk temen-temen yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL). Baca sampai selesai ya, karena tipsnya pasti bermanfaat buat temen-temen.

Waktu memiliki tiga sifat, yaitu tidak dapat diulangi, tidak bisa dijalankan sesuai dengan keinginan diri sendiri dan tidak bisa diperlambat atau juga dipercepat. Maka dari itu manajemen waktu sangat diperlukan agar hidup menjadi lebih produktif.

Dengan adanya manajemen waktu, maka kita bisa mencapai suatu produktivitas dan efisiensi yang lebih besar, memiliki suatu reputasi professional yang lebih baik, dan memiliki keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi aku yang merupakan seorang anak pkl, manajemen waktu bener benar sangat dibutuhkan, aku harus bisa mengatur waktu agar tetap produktif dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kehidupanku ketika kuliah dan ketika magang / PKL berbeda, terutama di “waktu”. Ketika PKL waktu berada diluar rumah menjadi lebih banyak, dari hari Senin sampai Jum’at, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Waktu untuk beristirahat dan bersantai dirumah hanya ada beberapa jam saja, itupun lebih banyak digunakan untuk tidur malam. Belum lagi jika ada pekerjaan yang belum selesai dikantor, maka harus diselesaikan ketika dirumah. Di sisi lain aku butuh waktu untuk bersosialiasi dengan keluarga dirumah, dan dengan teman-teman juga. Lalu bagaimana cara aku mengatur waktu agar tetap produktif tanpa menghambat kegiatan bersosialisasi dirumah dan menghambat waktu beristirahat? Ini adalah beberapa hal yang aku lakukan dalam memanajemen waktu:

  1. Membuat Daftar Agenda.

Apa sih daftar agenda itu? Mengapa harus membuat sebuah daftar agenda? Sini sini aku jelasin sedikit tentang daftar agenda.

Singkatnya begini, ada banyak kegiatan yang harus aku selesaikan dengan tepat waktu, saking banyaknya aku jadi bingung dengan kegiatan-kegiatanku sendiri, akhirnya aku lupa deh tentang beberapa kegiatan kecil padahal itu penting.

Nah jika keadaan ini terjadi kepada kamu, aku punya saran nih, coba deh untuk membuat sebuah daftar agenda. Daftar agenda itu berisikan berbagai poin-poin penting mengenai tugas yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Coba deh untuk menuliskan semua kegiatan kamu, baik itu kegiatan kecil maupun kegiatan yang sangat penting. Tujuannya agar kegiatan kamu itu tertulis dengan rapi dan dapat menghindari “lupa” terhadap kegiatan kecil padahal penting.

  1. Mengatur Prioritas utama.

Agar waktu bisa lebih produktif, coba untuk mengatur prioritas utama kamu, misalnya begini, aku punya pekerjaan yang belum selesai di tempat PKL yang harus selesai besok, tapi aku juga harus mengerjakan laporan untuk ke sekolah. Gimana ya cara ngaturnya supaya kedua tugasnya bisa selesai dengan baik?

Coba untuk mengatur prioritas utama, pilih mana yang harus segera diselesaikan secepatnya, jangan malah santai sambil scroll tiktok padahal kerjaan numpuk loh yaa.

  1. Fokus terhadap apa yang telah menjadi prioritas dan daftar agenda.

Karena sudah membuat daftar agenda dan mengatur prioritas utama. Yang selanjutnya harus dilakukan adalah cobalah untuk tetap fokus menjalani semua daftar agenda yang telah dibuat, kerjakan semua tugas dari yang paling prioritas sampai selesai.

  1. Jangan menunda-nunda waktu.

Diawal artikel ini sudah dijelaskan bahwa waktu itu memiliki sifat yang tidak dapat diulangi, maka dari itu waktu sangatlah berharga dalam hidup, jadi jangan pernah ditunda-tunda. Tugas yang seharusnya kamu lakukan, lakukanlah sekarang. Jangan biarkan waktumu terbuang dengan sia-sia.

  1. Belajar mengenali waktu produktif

Dikehidupan kamu, pasti kamu mengenali dimana suatu waktu produktif yang tepat. Misalnya kamu merasa kalo di jam siang itu kamu lebih bersemangat jika mengerjakan sesuatu, maka kerjakanlah tugas-tugas yang paling sulit pada siang hari, karena di waktu produktif tersebut kamu akan jauh lebih mudah mengambangkan pola pikir kamu. Waktu produktif seseorang akan berbeda dengan orang lain, maka cobalah untuk menemukan waktu produktif kamu, dan manfaatkanlah waktu produktif itu.

  1. Abaikan gangguan yang ada disekitar

Baru mau ngerjain tugas eh tiba-tiba drakor favorit kamu udah upload episode baru, jadinya ditunda lagi deh tugasnya. Jangan gitu yaa temen-temen, drakor dengan tugas itu jelas lebih prioritas tugas, kerjain dulu tugasnya baru nonton drakor, jangan sampai daftar agenda kamu terganggu oleh drakor atau hal lain yang kurang penting, tetap kerjakan prioritas utama ya supaya semua tugas-tugas yang telah dirincikan berjalan dengan efisien.

Nah itu beberapa hal yang aku lakukan dalam memanajemen waktu, boleh banget kamu ikutin tips dari aku supaya waktu kamu terorganisir dengan baik, apalagi buat anak PKL kaya aku nih, coba deh kamu ikutin tips dari aku supaya kalian bisa ngatur waktu untuk kerja, untuk bersosialiasi dirumah dan untuk istirahat. Semoga tips dari aku bisa bermaanfaat untuk kamu, terimaka kasih sudah baca artikel aku kali ini, jangan lupa diterapkan yaa, sampai ketemu di tips lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here