Tips Membuat First Impression Yang Baik di Tempat PKL/Magang

0
94

Kamu pasti sudah pernah mendengar mengenai first impression bukan? First impression atau kesan pertama sangatlah penting untuk kita yang sedang bertemu dengan orang baru. Baik itu bertemu untuk berkencan, berbisnis, dan menjalin hubungan sosial lainnya. First impresssion juga sangatlah penting untuk membranding diri kita di mata orang yang baru dikenal.

Seperti dijelaskan oleh Psychology Today, penilaian kesan pertama adalah sesuatu yang secara alami dilakukan manusia. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah orang asing tersebut berpotensi menjadi ancaman. Kesan pertama dapat dilihat dari wajah, ekspresi, bahasa tubuh, perkataan, sampai cara berpakaian. Kesan pertama dinilai mulai ketika seseorang masuk ruangan, menyapa, hingga membuat kontak mata dan berjabat tangan.

Nah, untuk kamu yang sedang PKL atau magang dan ingin  menciptakan first impression yang baik, perlu beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan first impression yang baik di tempat PKL/magang.

  1. Perkenalkan diri 

Untuk kamu yang PKL/magang hendaknya perkenalkan terlebih dahulu dirimu. Karna kamu menjadi orang baru di lingkungan tempat kerja tersebut. Jika pembimbing/atasan kamu di tempat PKL tidak mengenalkan dirimu kepada karyawannya, kamu harus bisa berinisiatif untuk mengenalkan diri agar karyawan disana mengetahui siapa kamu. 

 2. Bersikap ramah dan kontak mata selama di tempat PKL

Saat bertemu dengan karyawan yang bekerja disana, kamu sebagai anak PKL haruslah bersikap ramah, memberikan senyuman yang tulus dan sopan. Juga, jika ada karyawan yang sedang mengajakmu berbicara pastikan kamu menjaga kontak mata dengan lawan bicara. Karena dengan begitu kamu akan dinilai menjadi orang yang ramah dan memberikan first impression yang positif. 

  1. Menjadi diri sendiri 

Untuk memberikan first impression yang positif, kamu tidak perlu repot repot untuk merubah sifatmu seperti orang lain agar terlihat baik di mata rekan kerja yang sedang bekerja disana. Cukup menjadi diri sendiri kamu sendiri dan berusaha semampu yang kamu bisa untuk membantu rekan yang lainnya. Menjadi diri kamu sendiri akan membuat kamu bisa jadi lebih percaya diri dan membangun kepercayaan dengan orang-orang yang kamu temui.

  1. Berpakaian sesuai aturan di tempat PKL

Sebelum masuk dan memulai PKL atau magang, sebaiknya kamu memperhatikan pakaian yang akan dipakai saat PKL/magang. Beberapa perusahaan/kantor ada yang menerapkan memakai pakaian yang santai dan tidak terlalu formal. Namun begitu, kamu tetap harus menjaga penampilan dan cara berpakaian seperti menggunakan kemeja, celana panjang dan jangan lupa memakai jas almamater dari sekolah atau universitas. Karena itu sangat penting untuk kamu agar karyawan disana tau kamu berasal dari sekolah atau universitas mana dan kamu tetap harus berpenampilan rapi dan profesional untuk memberikan first impression yang baik.

5.Berinisiatif di tempat PKL

Kamu sebagai anak PKL atau magang haruslah berinisiatif. Jika ada pekerjaan yang diberikan oleh rekan kerja atau atasan  tunjukan bahwa kamu bisa mengerjakannya dan berantusias. Dan jika kamu menganggur dan tidak ada pekerjaan yang diberikan jangan takut untuk inisiatif bertanya dan meminta pekerjaan. Agar kamu mendapatkan first impression yang baik. 

Itulah beberapa tips membuat first impression yang baik selama di tempat PKL, berikan first impression yang baik agar karyawan dan atasan yang ada di tempat PKL kalian menyenangi dan selalu ingin dibantu oleh anak PKL atau magang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here