Tips Meningkatkan Soft Skill untuk Anak PKL/Magang Ala Vinda

0
84

Hai temen-temen. Selamat datang di artikel tentang tips kehidupan untuk anak PKL ala Vinda. Diartikel kali ini kita akan membahas tentang tips meningakatkan soft skill untuk anak PKL/magang.

Mungkin kamu sudah tahu apa itu soft skill, tapi aku akan memberikan sedikit pandangan dari aku tentang soft skill.  Menurut aku soft skill merupakan keterampilan alami seseorang dalam mengendalikan dirinya sendiri terhadap kehidupan bermasyarakat sehingga ia bisa memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, berorganisasi, bekerja sama dan beretika, yang mana keterampilan-keterampilan tersebut dapat di kembangkan secara maksimal sehingga seseorang tersebut bisa mendapatkan performa kerja yang baik.

Nah mengenai pentingkah anak PKL/magang  memiliki soft skill, sudah aku bahas di artikel Pentingkah Anak PKL/Magang Memiliki Soft skill? Mari Kita Bahas Bersama Vinda. Di sana aku udah memaparkan mengapa anak PKL butuh soft skill yang baik.

Dan perlu kamu tahu bahwa soft skill itu harus kita maksimalkan, soft skill tidak sama dengan hard skill, jika hard skill membutuhkan pendidikan untuk mencapai titik maksimalnya, maka berbeda dengan soft skill, soft skill tidak bisa dimaksimalkan dengan cara pendidikan, melainkan dengan banyaknya berinteraksi dan berosialisasi.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan soft skill? Berikut beberapa tips ala Vinda yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan soft skill kamu.

  1. Mengenali Diri Kamu Sendiri
    Tentunya ini adalah hal yang paling penting. Sebelum kamu sibuk berinteraksi dengan orang lain dan bersosialisasi dengan masyarakat, pastikan bahwa kamu telah mengenal diri kamu sendiri. Jika kamu bisa mengenal diri kamu sendiri, maka kamu akan mengetahui apa saja soft skill yang sudah kamu miliki, lalu soft skill apa saja yang harus kamu tingkatkan.
  1. Berinteraksi Dengan Rekan PKL/magang
    Dengan berinteraksi dan bersosialisasi dengan rekan PKL/magang kamu, kamu bisa mengetahui bahwa setiap orang itu memiliki sifat yang berbeda-beda, maka kamu harus bisa memantaskan diri ketika kamu berinteraksi dengan orang lain. Dan dengan banyaknya kamu berinteraksi, maka kamu akan bisa menilai bagaimana cara berinteraksi yang baik dan apa saja yang harus kamu hindari ketika berinteraksi dengan orang lain.
  1. Mengikuti Kegiatan Organisasi
    Meskipun kamu sibuk menjalani PKL/magang, pastikan kamu bisa meluangkan waktu kamu untuk mengikuti organisasi. Karena jika kamu mengikuti kegiatan organisasi, maka kamu akan bertemu dengan lebih banyak orang. Dan dengan banyaknya kamu bertemu orang, kamu akan lebih terbiasa untuk berinteraksi dan menempatkan diri dalam berbagai situasi. Selain meningkatkan soft skill berkomunikasi, dalam organisasi juga kamu bisa meningkatkan soft skill  lain, seperti pemecahan masalah. Biasanya organasasi selalu memiliki kegiatan-kegiatan sosialisasi, dan dalam proses melaksanakan kegiatan itu tidak mudah, akan ada beberapa masalah didalamnya. Maka dari itu jika kamu bergabung dengan suatu organisasi, kamu akan terlatih untuk memecahkan masalah.
  1. Belajar Mengontrol Emosi
    Inilah mengapa kamu penting mengenal diri kamu sendiri, agar kamu bisa belajar mengontrol emosi kamu. Dengan kamu mengetahui diri sendiri, maka kamu akan mengerti bagaimana cara  meredakan emosi kamu. Perlu kamu tahu bahwa orang lain kurang menyukai seseorang yang memiliki tingakatan emosional yang tinggi. Jangan sampai hubungan kamu dengan orang lain menjadi kurang baik hanya karena kamu tidak tahu bagaimana cara meredakan emosi kamu sendiri.

Nah itu adalah 4 tips ala Vinda untuk kamu anak PKL/magang dalam meningkatkan soft skill. Coba untuk diterapkan ya teman-teman 4 tips tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga tips ala Vinda kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Tunggu artikel aku lainnya tentang tips kehidupan untuk anak PKL ala Vinda ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here