Bagi sebagian orang bekerja menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan menjadi sebuah kewajiban, tetapi mereka kadang abai terhadap kesehatan mentalnya. Banyak dari mereka yang enggan mencari cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Tidak hanya itu, sebagian pemimpin perusahaan bahkan menganggap kesehatan mental pekerja bukanlah urusan yang perlu diperhatikan. 

Kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik. Seluruh hal yang dirasakan para pekerja pun akan berpengaruh langsung terhadap produktivitasnya saat bekerja.

Sebenarnya, baik perusahaan maupun individu, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mental ini. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Risiko paling besar dari kesehatan mental yang buruk adalah depresi. WHO memperkirakan ada sekitar 264 juta orang di dunia yang menderita depresi. Penyebab yang paling utama adalah gangguan kecemasan berlebihan.

Orang yang tidak memiliki pekerjaan mempunyai risiko besar untuk terkena gangguan kesehatan mental. Di sisi lain, mereka yang bekerja di lingkungan yang negatif juga memiliki potensi yang sama besarnya. Gangguan kesehatan mental dapat mendatangkan beberapa risiko sebagai berikut:

  • Menurunnya produktivitas
  • Kesulitan menyelesaikan tugas di kantor
  • Absen atau ketidakhadiran secara pikiran
  • Stres
  • Depresi
  • Penyalahgunaan obat dan alkohol

Kebiasaan baru kerja di rumah (WFH) bisa dibilang menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan mental. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja:

  1. Menjalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bagus untuk kesehatan mental. Mengonsumsi makanan bergizi juga dapat menciptakan mood yang lebih baik di tempat kerja. Jadi, pastikan tidak menunda makan hanya karena pekerjaan.

Selain itu, rutinlah berolahraga. Di sela-sela pekerjaan, cobalah untuk tetap aktif bergerak supaya aliran darah lancar. Kamu bisa melakukan peregangan atau berjalan kaki selama 10—15 menit. Cara ini juga bisa membantu kamu menghilangkan kantuk saat bekerja, loh.

  1. Mengatur waktu dengan baik

Setiap orang memiliki kewajiban di kantor. Namun, tidak semua orang bisa menjalankannya dengan baik. Perbedaannya bisa terlihat dari cara mereka mengatur waktu.

Orang yang bisa mengatur waktu dengan baik akan mengerjakan tugasnya sebelum deadline. Mereka pun tahu waktu yang tepat untuk memulai pekerjaan dan berhenti mengerjakannya.

Pengaturan waktu yang baik akan membantu kamu mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Selain itu, menyelesaikan tugas tepat waktu pun bisa mencegah munculnya rasa khawatir dan cemas saat hendak tidur. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Menjalin hubungan dengan orang lain

Menjalin hubungan dengan orang lain juga akan bantu menjaga kesehatan mental mu di tempat kerja. Kamu dapat mencoba menjalin hubungan dengan lebih banyak orang di kantor.

Adakalanya, rekan kerja satu tim atau pimpinan kamu bukan orang yang tepat untuk kesehatan mental. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada karyawan dari divisi lain yang juga bisa kamu ajak bicara di kantor. Coba saja memulai obrolan santai dengan mereka.

  1. Berbuat baik di tempat kerja

Menunjukkan hal baik di kantor juga jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Kamu bisa mengucapkan “selamat pagi” kepada rekan kerja. Bisa juga sesederhana tidak membicarakan keburukan rekan kerja ke orang lain.

Hal-hal tersebut akan membantu membuat kesehatan mental kamu lebih baik. Secara tidak langsung, kamu mungkin sudah membantu rekan kerja untuk menjaga kesehatan mentalnya juga.

  1. Seimbangkan hidup dan pekerjaan

Cara yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi dua hal yang berbeda. Kamu memang perlu bertanggung jawab atas pekerjaan kantor yang diberikan. Namun, di satu sisi, kamu juga harus menjalani kehidupan lainnya.

Tetapkan batasan waktu untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Setelah itu, simpan semua pekerjaan kamu. Habiskan waktu bersama keluarga atau orang tersayang.

  1. Berlatih berpikir positif

Pikiran buruk bisa muncul saat kamu sedang dalam suatu masalah. Kamu bisa mengatasinya dengan mulai berlatih berpikir positif. Dengan berpikir positif, kamu bisa mengatasi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berpikir positif juga bukan benar-benar menghilangkan pikiran negatif, loh. Berpikir bahwa tetap akan ada hal buruk yang terjadi juga bisa membuat kamu lebih siap. Namun, porsi pikiran negatif dalam diri harus kecil dan tidak mendominasi.

  1. Mengungkapkan semua yang dirasakan

Biarpun berat, mengungkapkan hal yang kamu rasakan sebenarnya penting untuk menjaga kesehatan mental. Kamu bisa membicarakan hal ini kepada rekan kerja yang dipercaya atau atasan di kantor. Cobalah mengungkapkan masalah yang membuat kamu stres, khawatir, atau cemas.

Jika memang butuh bantuan secara profesional, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog. Agar lebih mudah, kamu juga bisa melakukan konsultasi secara online. Saat berkonsultasi, cobalah bersikap terbuka untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental mu saat di kantor, semoga bermanfaat yaa, dan jika kamu mempunyai masalah dengan rekan kerjamu, berusahalah untuk terbuka kepada orang lain dan menyampaikan masalahmu kepada mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here