Tips yang Bisa Diterapkan Para Anak Magang/PKL Agar Betah Hingga Program Berakhir

0
90

Seorang mahasiswa dan siswa biasanya diharuskan untuk melakukan magang/PKL di sebuah perusahaan sebagai salah satu syarat kelulusan. Proses magang sebenarnya tidak hanya diperlukan demi mendapatkan nilai, namun proses magang/PKL ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka kesempatan bekerja setelah lulus nanti.

Nah, bagi kamu yang sedang atau akan melaksanakan proses magang/PKL, yuk coba beberapa tips di bawah ini agar bisa bertahan dan tidak mudah menyerah di kantor tempat kamu magang/PKL.

1.Memiliki Tujuan

Dalam dunia kerja, tentunya kamu harus mempunyai tujuan utama dalam melamar pekerjaan. Pasalnya jika kamu sudah menetapkan tujuan atau goals yang ingin dicapai, kamu akan lebih senang melakukan setiap pekerjaan yang diberikan atasan. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan kontrak magang/PKL hingga waktu yang telah ditentukan.

2.Bekerja Secara Profesional

Setiap kantor memiliki peraturan masing-masing, mulai dari jam masuk sampai cara berpakaian. Pastikan kamu bersikap profesional saat magang dengan menaati berbagai peraturan yang telah diterapkan. Walaupun kantor kamu terkesan santai, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesopanan dan memperlakukan atasan sesuai etika.

3.Berpartisipasi dalam Berpendapat

Meski hanya berstatus sebagai anak magang/PKL, bukan berarti kamu hanya dituntut untuk mengikuti sistem yang ada dan mengikuti keputusan yang dibuat oleh para senior. Jika dalam sebuah rapat dan kamu memiliki sebuah ide atau gagasan, jangan ragu untuk mengutarakan pendapat. Soal pendapat kamu diterima atau ditolak menjadi urusan belakangan. Yang terpenting, kamu sudah mencoba untuk berpendapat dan ini akan sangat berguna untuk kemudian hari.

  1. Aktif Berinisiatif

Seringkali anak magang/PKL memiliki waktu senggang karena pekerjaan yang diberikan masih sedikit. Nah, ini saatnya kamu memperlihatkan keaktifan dengan meminta pekerjaan tambahan. Dengan catatan, jangan terlalu ambisius dan inisiatif kamu tidak berlebihan, hal ini mungkin akan membuat pekerjaan kamu tidak terselesaikan dengan baik.

  1. Beradaptasi

Dan yang terakhir, sebagai anak magang/PKL, kamu akan bertemu rekan kerja dengan kepribadian dan sifat yang berbeda-beda. Ada orang yang senang bekerja di dalam kantor, ada juga tipe orang yang lebih menyukai kerja di lapangan. Beradaptasi dengan cepat dapat membuat seseorang lebih mudah diterima dalam lingkungan kantor serta tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai pengalaman baru.

Semoga bermanfaat …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here