5 Cara Berteman dengan Rekan Kerja yang Lebih Tua di Tempat PKL/Magang

0
67

Dunia kerja saat ini sudah diisi oleh Gen Z, milenial, hingga boomer. Makanya, mengetahui cara berteman dengan rekan kerja yang lebih tua adalah suatu hal penting bagi kita semua khususnya lagi untuk anak PKL/magang. Sebab, perbedaan usia kadang membuatmu memiliki nilai atau kepercayaan berbeda dengan rekan kerja yang lebih tua. Tentunya, hal tersebut berisiko timbulnya konflik di tempat kerja. Sehingga, penting bagimu untuk bisa membangun hubungan pertemanan dengan rekan kerja yang lebih tua di kantor. 

Salah satu manfaatnya, menurut Fast Company, adalah kamu bisa mendapat informasi penting seputar cara menjalani karier secara efektif. Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berteman dengan kolega yang lebih tua di tempat PKL/magang 

  1. Lakukan one-on-one secara rutin

Kamu juga bisa melakukan one-on-one secara rutin jika ingin coba berteman dengan rekan kerja yang lebih tua. Misalkan, kamu bisa melakukannya per 2 minggu atau sebulan sekali. Hal tersebut bisa kamu lakukan secara virtual atau tatap muka secara langsung.Namun, pastikan untuk tidak overshare, ya. Karena, biasanya kita cenderung berpikir bahwa oversharing bisa membentuk hubungan dekat dengan cepat.

Justru, biarkan tingkat kenyamanan dan kepercayaan di hubunganmu dengan rekan kerja senior terbangun terlebih dahulu. Setelah hubunganmu didasari rasa saling percaya, kamu bisa menggunakannya untuk berbagi ide dengan satu sama lain. Sehingga, hubunganmu dengan rekan kerja senior menjadi bermanfaat.

  1. Memiliki pikiran terbuka

Melansir Healthline, salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin berteman dengan rekan kerja yang lebih tua adalah memiliki pikiran terbuka. Maksudnya, fokuslah pada aspek-aspek positif yang dimiliki oleh rekan kerja senior tersebut.

Hal ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Sehingga, ketika mengetahui bahwa ada perbedaan nilai yang dipegang, jangan langsung mengabaikan rekan kerja seniormu itu. Justru, kamu bisa saja mendapat hal-hal baru dari perbedaan yang dimiliki tersebut.

  1. Anggap mereka sebagai rekan kerja senior

Salah satu alasan yang membuatmu sulit berteman dengan orang yang lebih tua adalah rasa segan dan mencoba untuk membuat mereka terkesan padamu. Sehingga, Harvard Business Review menyarankan supaya kamu melihat mereka sebagai rekan kerja yang lebih senior saja.

Dengan mengubah cara pandangmu terhadap mereka, akan lebih mudah untuk menjadi dirimu sendiri dan melakukan diskusi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan bertanya hal-hal sepele, seperti hobi atau bagaimana mereka bisa mendapat posisinya saat ini. Membuka percakapan dengan hal yang simpel dapat membantumu temukan hal yang serupa antara kamu dengan rekan kerja senior. Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengannya di lain waktu.

  1. Mencari minat serupa

Kamu juga bisa mencoba untuk mencari minat serupa jika ingin berteman dengan rekan kerja yang lebih tua. Hal ini karena pertemanan di tempat kerja biasanya selalu diawali oleh minat yang sama. Kamu bisa coba tanyakan hal-hal seputar hobi atau kegiatan yang sedang senang dilakukan untuk mencari tahu minat rekan kerjamu.

Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua orang akan bersikap terbuka padamu. Jika hal itu terjadi, kamu tidak perlu khawatir. Karena, kamu masih bisa membangun hubungan profesional dengannya.

  1. Mendengarkan ketika mereka berbicara

Selalu dengarkan dengan baik ketika kamu sedang berbicara dengan rekan kerja seniormu. Hal tersebut dapat membantumu dalam membangun hubungan pertemanan dengannya.

Karena, mendengarkan dengan baik membuatmu bisa mengingat topik, ketertarikan, atau nilai yang dipegang oleh rekan kerja seniormu. Mengingat beberapa hal tersebut menunjukkan kepedulianmu terhadap mereka. Tidak hanya itu, hal itu juga menunjukkan bahwa kamu memang tulus untuk berteman.

Itu adalah beberapa tips untuk kamu jika ingin berteman dengan rekan kerja yang lebih tua. Intinya, memiliki pemahaman mumpuni dalam hal ini dapat membantumu membangun hubungan baik dengan rekan kerja senior di tempat kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here