Saat kita sedang melakukan pkl/magang di suatu perusahaan, tentu kita harus bisa membangun komunikasi yang baik bukan? Tak hanya berkomunikasi antar teman antar karyawan, senior maupun atasan juga perlu yang namanya berkomunikasi.
Ketika bekerja di tempat pkl, terkadang ada saja konflik dan masalah yang timbul diantara senior atau atasan di tempat kita bekerja, baik masalah sepele maupun besar, hal itu dapat kita antisipasi dengan membangun komunikasi yang baik terhadap senior atau atasan di tempat kita pkl.
Atasan atau senior sediri adalah orang yang disegani di tempat kerja, mereka akan senang jika kita menghormatinya. Dan inilah beberapa cara membangun komunikasi yang baik dengan atasan dan senior :
1. Mendengarkan
Mendengar merupakan salah satu komunikasi yang efektif, mendengarkan setiap pembicaraan atasan/senior secara seksama dapat menunjukkan keseriusan dan antusiasme kamu, dalam menerima informasi maupun instruksi dari atasan. Seseorang akan merasa tidak dihargai jika lawan bicaranya sibuk sendiri dan tidak memperhatikan apa yang dibicarakan.
2. Berani Bertanya dan Memberikan Tanggapan
Jangan malu saat bertanya dengan atasan, sebagai bawahan ada baiknya kita melakukan pekerjaan sesuai instruksi dari atasan. Tanyakan apa yang belum kamu mengerti. Ketika ada masukkan atau tanggapan kita perlu memberikan ide terhadap atasan, berikanlah tanggapan yang sopan dan harus tahu waktu yang tepat agar atasan mau mendengarkan tanggapan kita.
3. Menggunakan Bahasa dan Kalimat yang Efektif
Jika kita sedang berkomunikasi pada senior atau atasan, hindarilah kata yang memicu konflik, intonasi tinggi dan argumentative. Juga hal yang harus diingat, jangan pernah menggunakan bahasa atau istilah-istilah yang terlalu tinggi. Komunikasi yang baik bukan dinilai seberapa tinggi bahasa yang digunakan, tapi seberapa mudah dan nyaman yang dapat dipahami lawan bicara.
4. Bahasa Tubuh
Gunakan bahasa tubuh yang “minimal” saat berkomunikasi, gerakan tubuh yang tiba-tiba atau memakan banyak ruang dapat membuat lawan bicara merasa tidak nyaman ketika menjalin komunikasi dengan kamu, dan hindari juga ekspresi raut muka yang negatif terhadap senior atau atasan.
5. Jangan Menggurui
Ketika berkomunikasi, tetaplah pada posisi kamu sebagai pendengar. Walaupun kamu mempunyai saran yang akan diutarakan kepada atasan, ucapkanlah dengan hati-hati menggunakan kalimat yang tidak menyinggung ego-nya.
Berikut adalah beberapa cara membangun komunikasi yang baik terhadap senior atau atasan dikantor. Semoga tips/cara diatas bisa membantu teman-teman agar bisa membangun komunikasi yang baik pula di tempat pkl/magang teman-teman. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!