5 Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat PKL/Magang

0
75

Banyak orang dan mungkin termasuk kamu yang merasa diri tidak aman atau insecure secara mental. Baik di tempat umum, dengan teman, tempat kerja dan bahkan di tempat PKL/Magang.Sebetulnya tujuan dari menghadapi insecure bukan untuk menghindari perasaan tidak aman, tetapi untuk memanfaatkannya. Rasa tidak aman berasal dari persepsi kamu tentang siapa diri kamu, versus siapa yang kamu inginkan. Berikut ini 5 tips mengatasi rasa insecure yang sering menyerang kamu di tempat PKL/magang.

  1. Tentang Pikiran Negatif

Sangat mudah untuk bersikap keras pada diri sendiri setelah melakukan kesalahan. Tetapi menyalahkan diri sendiri karena kamu tidak melakukan pekerjaan dengan baik, membuat kamu terjebak dalam siklus negatif rasa malu dan membenci diri sendiri. Sebaiknya maafkan dirimu sendiri dan pahamilah bahwa ini adalah kejadian yang dapat membuatmu tumbuh menjadi lebih baik.

  1. Lakukan Self Assessment

Coba identifikasi situasi atau hal apa yang membuat kamu tidak nyaman atau meragukan kemampuan diri di tempat magang/PKL. Apakah ketika harus melakukan presentasi, ketika harus menunjukkan skill tertentu atau saat memimpin sebuah kelompok Magang/PKL?. Dengan mengidentifikasi situasi tersebut kamu bisa memikirkan area dalam diri seperti apa yang bisa kamu kembangkan agar kepercayaan diri kembali saat harus dihadapkan pada situasi yang sama kembali.

  1. Terima Perasaan Insecure

Jangan terus mengkritik dan menyalahkan diri karena kamu merasa insecure secara terus menerus. Jangan pula mengabaikan kenyataan bahwa kamu sedang merasa insecure akan suatu hal di tempat magang/PKL. Terimalah kenyataan bahwa merasa insecure adalah hal yang wajar dalam kehidupan. Lihatlah rasa insecure tadi bukan sebagai kelemahan, tapi dorongan dan motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik, misalnya dalam pekerjaan.

  1. Renungkan Tentang Kebaikan

Rayakan kesuksesan dan bicaralah pada diri sendiri saat meraih kemenangan besar di tempat magang/PKL. Bangga dengan apa yang kamu lakukan, meskipun pada awalnya tampak aneh, tetapi ini dapat berpengaruh kuat pada kepercayaan dirimu. Simpan pujian yang diberikan orang lain dalam memorimu.

  1. Kenali Nilai Diri

Kamu mungkin selalu merasa insecure karena menganggap diri tidak mampu, tidak berharga dan tidak layak menduduki posisi yang sekarang. Bila ini terjadi, coba ingat-ingat alasan dan nilai dalam diri kamu seperti apa yang berhasil meyakinkan perusahaan untuk mempercayakan posisi tersebut. Tentu perusahaan tidak akan mempekerjakan kamu tanpa alasan bukan.

Nah, itu dia beberapa tips mengahdapi rasa insecure di tempat magan/PKL. Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak akan merasa insecure lagi di tempat magang/PKL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here