5 TIPS PENTING UNTUK MENGAWALI KARIR DARI MAGANG ATAU PKL

0
74

Posisi sebagai anak magang atau PKL mungkin terlihat rendah. Terlebih lagi jika melihat kerjaannya yang kadang sepele seperti fotokopi, tetapi yang nyuruh orang sekantor. Gajinya pun seadanya, bahkan sering nggak dibayar.

Namun, untuk kamu yang masih fresh graduate atau belum punya pengalaman kerja sama sekali, menjadi anak magang bisa menjadi awal dari karir kamu. Menurut data dari National Association of Colleges and Employers (NACE), sebanyak 60% pemagang berhasil mendapatkan tawaran pekerjaan, lho.

Lalu, gimana caranya agar ditawarkan untuk bekerja setelah program magang berakhir? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Aktif Berinisiatif

Sering kali anak magang atau PKL selalu diberikan pekerjaan yang sedikit. Dan inilah kesempatan kamu untuk inisiatif bertanya dan meminta pekerjaan kepada atasanmu di tempat kamu magang atau PKL.

  •  Bertindak Profesional

Sama seperti kamu di sekolah atau kampus. Di tempat kamu magang atau PKL pun memiliki aturan atau SOP nya. Baik dari jam kerja, berpenampilan, dan juga etika yang lainnya. Pastikan kamu membawa profesional itu ke tempat kamu magang atau PKL. Meskipun tempat magang atau PKL mu terkesan santai dan tidak banyak peraturannya, tetap saja kamu harus menjaga kesopanan dan bertindak sesuai etika.

  • Jangan Terlalu Ambisius

Pastikan inisiatif yang kamu lakukan tidak berlebihan. Ambisius dalam melakukan pekerjaan nggak disarankan bagi pemagang. Takutnya, pekerjaan yang dilakukan malah nggak sesuai dengan kemampuan kamu dan hasilnya malah jadi berantakan. So, stay humble!

  • Rajin Bertanya

Jangan pikir banyak nanya akan membuat kamu terlihat bodoh. Ingat aja moto “malu bertanya sesat di jalan”. Wajar kok sebagai orang yang baru masuk kantor, apalagi anak magang untuk banyak tanya, sebab kamu belum banyak tahu pekerjaan tersebut. Daripada pekerjaan yang kamu banyak yang salah, lebih baik rajin konfirmasi ke atasan. Tapi, jangan lupa untuk mencatatnya ya, biar mempermudah pekerjaan kamu ke depannya.

  • Buat Goal

Saat wawancara atau pertama kali masuk, biasanya ada yang bertanya mengenai alasan atau tujuan kamu magang di perusahaan tersebut. Misal kamu ingin magang sebagai admin.  Nah, beritahu hal tersebut ke atasan kamu. Sebab nantinya, pekerjaan yang akan kamu dapatkan akan diarahkan ke situ. Hal ini juga memperlihatkan ke mereka bahwa kamu sudah tahu apa yang ingin dilakukan untuk karir kamu.

Semoga dapat membantu …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here