Halo temen-temen. Selamat datang di artikel tentang tips kehidupan untuk anak PKL ala Vinda. Kali ini aku akan membahas tentang tips memberikan saran kepada rekan PKL/magang.

Kinerja kerja seseorang tidak selalu sempurna, pasti ada saja kekurangannya. Saran dari orang lain adalah salah satu cara agar kamu bisa mengevaluasi kinerja kamu. Saling memberikan saran adalah kegiatan yang baik, karena dengan itu kamu dan teman kamu bisa berkembang secara bersama.

Tapi, tidak jarang orang yang tidak suka diberikan saran, padahal saran itu merupakan bentuk perhatian dari teman. Terus gimana ya cara memberikan saran yang baik untuk rekan PKL/magang? Yuk disimak artikelnya.

  1. Perhatikan Situasi dan Waktu Saat Akan Memberikan SaranSaat akan memberikan saran kepada rekan PKL/magang kamu, perhatikan situasi dan waktu ya. Jangan sampai kamu memberikan saran kepada teman kamu ketika ia memiliki mood yang kurang baik. Pastikan keadaan mood teman kamu sedang baik agar saran dari kamu bisa diterima. Pastikan juga kamu memberi saran ketika kamu sedang berdua saja, jangan dihadapan banyak orang.
  1. Jangan Langsung Memberikan SaranBagi sebagian orang, saran adalah hal yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, jika kamu ingin memberikan saran kepada rekan PKL/magang kamu, kamu bisa menyisipkan pujian terlebih dahulu atas apa yang telah teman kamu kerjakan. Setelah itu, berikanlah saran yang menurutmu akan semakin membantu kinerja temanmu.
  2. Berikan Saran Dengan SopanSemua orang tidak akan terima jika diberi saran dengan cara yang kasar, jadi pastikan kamu menyampaikan saran dengan sangat sopan. Perhatikan ucapan yang akan kamu sampaikan dan perhatikan juga gesture tubuh kamu ketika kamu akan memberikan saran kepada teman kamu agar teman kamu tidak merasa terhina saat diberikan saran oleh kamu.
  1. Berikan Saran yang Membuat SemangatPemberian saran menjadi salah satu bentuk perhatian, jadi tidak ada salahnya jika kamu memberikan saran kepada teman PKL/magang kamu. Tetapi perlu kamu perhatikan, pemberian saran itu harus hati-hati, berikan saran yang bisa membuat teman kamu menjadi lebih semangat. Tunjukan juga bahwa kamu selalu memberikan dukungan kepada teman kamu.

4 tips tersebut sangat bisa kamu ikuti saat kamu akan memberikan saran kepada temanĀ  PKL/magang kamu. Jika kamu ingin memberikan saran kepada teman kamu, pastikan bahwa kamu juga selalu menerima saran dari temanmu ya, jangan sampai kamu sibuk memberikan saran, tetapi kamu tidak terima saat diberi saran.

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel dan tips ala Vinda kali ini bermanfaat buat kamu. Tunggu artikel aku lainnya tentang tips kehidupan untuk anak PKL ala Vinda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here