Halo teman-teman, selamat datang di artikel Bahas Bersama Vinda, di artikel kali ini kita akan membahas tentang manajemen waktu. Kenapa ya anak PKL/magang itu penting untuk bisa memanajemen waktu? Mari kita bahas.
Sebelum membahas apakah manajemen waktu itu penting untuk anak PKL/magang. Mari kita lihat dulu beberapa pengertian manajemen waktu menurut para ahli:
Pengertian Manajemen Waktu Menurut Para Ahli
- Atkinson
Manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. - Forsyth
Manajemen waktu adalah sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas.
- Leman
Manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik mungkin dengan membuat rencana aktivitas yang tersusun.
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari ketiga pengertian manajemen waktu menurut para ahli diatas apa ya? Menurut aku, kesimpulan yang bisa kita ambil adalah, bahwa manajemen itu sebuah tindakan seseorang berupa membuat rencana aktivitas yang tersusun untuk mengendalikan dan memanfaatkan waktunya sebaik mungkin agar ia bisa menciptakan efektivitas dan produktivitas dalam hidupnya.
Temen-temen sering gak keteteran gara-gara tugas yang menumpuk? Kamu tahu kenapa tugas-tugas kamu bisa sampai menumpuk? Apakah gara-gara tugasnya yang memang banyak? atau karena kamu belum bisa efektif memanfaatkan waktu?
Jangan-jangan kamu sering menunda tugas-tugas kamu sampai kamu kecapean mengerjakan tugas yang sudah menumpuk. Jangan dibiasakan seperti itu ya teman-teman. Coba untuk memanfaatkan waktu kamu, efektivkan waktu kamu semaksimal mungkin. Coba untuk atur mana dulu kegiatan yang perlu kamu selesaikan secara secepatnya, atur kegiatan-kegiatan kamu di hari itu supaya kamu bisa lebih efektif dalam seharian.
Pasti kamu sudah mengetehui kata bijak yang menyebutkan bahwa waktu adalah uang. Bisa kamu bayangkan ternyata waktu emang sepenting itu sampai-sampai waktu itu disebut uang. Jadi jika kamu bisa memanajemen waktu kamu, hidup kamu akan lebih efektif, sehingga jalan menuju sukses itu akan semakin dekat.
Jika kamu bisa memanajemen waktu kamu dengan baik, pasti kamu bisa mengatur hidup kamu, kamu bisa mengetahui kapan kamu harus produktif dan kapan kamu harus beristirahat. Tugas-tugas pastinya tidak akan menumpuk, kamu pasti tidak akan keteteran dan kecapean memikirkan dan mengerjakan tugas kamu yang sudah menumpuk itu. Tapi bayangkan jika kamu tidak bisa memanajemen waktu kamu, akan banyak hal buruk yang terjadi. Apa aja contohnya? Baca artikel berikut untuk mengetahui dampak buruk ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik.
Untuk kamu yang sekarang sedang menjadi anak PKL/magang, manajemen waktu itu sangat penting lho buat kamu. Kamu gak mau kan tugas-tugas yang diberikan pembimbing/atasan kamu gak bisa kamu selesaikan dengan baik? Maka dari itu, kamu harus bisa belajar untuk membuat rencana kegiatan dalam seharian agar kamu tahu apa saja hal penting yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu.
Sebagai anak PKL/magang yang baik, pastikan tugasmu kamu selesaikan dengan baik, dan pastikan kamu juga masih bisa memiliki waktu untuk beristirahat dan bersantai. Lalu bagaimana caranya agar bisa melakukan itu? Manajemen waktu adalah jawabannya.
Kamu sudah tahu sekarang bahwa kamu perlu memanajemen waktu. Tapi kamu tidak tahu bagaimana cara mengatur pekerjaan kamu? Kamu bingung harus apa dulu supaya bisa memanajemen waktu? Tenang temen-temen, gak usah khawatir, karena aku udah membuat artikel khusus untuk kamu nih yang mau tau tips memanejemen waktu. Baca artikel ini ya temen-temen:
Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa memahami seberapa penting manajemen waktu untuk anak PKL/magang. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan ikut membahas tentang manajemen waktu di artikel bahas bareng Vinda kali ini. Tunggu artikel tentang bahas bareng Vinda yang lainnya ya.
Sumber : Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya