Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri Untuk Anak PKL/Magang? Mari Kita Bahas Bersama Vinda

0
94

Halo teman-teman, selamat datang di artikel Bahas Bersama Vinda, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengenali diri sendiri. Bagaimana ya cara mengenal diri sendiri? Yuk kita bahas.

Mengenal diri sendiri adalah usaha seseorang untuk memahami dirinya sendiri. Mengenal diri sendiri itu sangat penting, apalagi bagi anak PKL/magang. Kenapa? Karena dengan mengenal diri sendiri kita akan mendapat beberapa manfaat yang akan kita dapatkan. Apa saja manfaatnya? Untuk mengetahui jawabannya, baca artikel berikut ya:
Apakah Anak PKL/Magang Wajib Mengenali Diri Sendiri? Mari Kita Bahas Bersama Vinda

Setelah membaca artikel diatas dan mengetahui bahwa anak PKL/magang itu wajib untuk mengenal diri sendiri. Sekarang mari kita bahas cara-cara mengenal diri sendiri. 

  1. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri
    Kamu harus paham terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu, dengan paham terhadap kelebihan diri, maka kamu bisa terus meningkatkan kelebihan tersebut. Dan dengan paham terhadap kekurangan diri, kamu bisa mencari cara untuk mengatasi kekurangan tersebut.
  2. Mengamati Bidang yang Dikuasai
    Ini bertujuan agar kamu bisa fokus terhadap satu bidang yang kamu kuasai. Tidak perlu berusaha untuk menguasai banyak bidang, cukup fokus pada satu bidang terlebih dahulu sampai mencapai titik suksesnya. Jika kamu belajar menguasai beberapa bidang, maka fokus kamu akan terpecah belah, dan ini akan sangat menghambat terhadap berhasilnya kamu menguasai bidang tersebut, sehingga pada akhirnya, malah tidak ada satu pun bidang yang kamu kuasai dengan benar.
  3. Jujur Pada Diri Sendiri
    Jika kamu merasa tidak nyaman dalam sebuah situasi, maka kamu tidak perlu membohongi diri sendiri untuk memaksa bahwa kamu merasa nyaman dalam situasi tersebut. Sikap ini akan membuat diri kamu merasa lelah, karena kamu harus berpura-pura terhadap diri sendiri. Jujur saja jika kamu tidak nyaman dan tidak suka terhadap sesuatu, karena itu wajar. Jika kita jujur kepada diri sendiri bahwa kita tidak suka dengan suatu hal, maka kita bisa menghindari hal tersebut.
  4. Belajar Mendeskripsikan Diri Sendiri
    Deskripsikan penampilan diri sendiri, baik itu dalam bentuk fisik, atau bahkan dalam bentuk sifat dan perilaku. Ketika kamu bisa mendeskripsikan diri kamu, kamu akan mengetahui sisi positif dan negatif pada diri. Misalnya kamu sedang mendeskripsikan diri sendiri bahwa ternyata kamu adalah orang yang mudah emosi, maka dengan ini, kamu juga bisa sekaligus belajar dan mencari cara agar sifat negatif berupa mudah emosi ini bisa kamu perbaiki. Dengan semakin sering mendeskripsikan diri, maka kamu akan semakin mengenal sifat diri sendiri.
  5. Meminta Penilaian Orang Lain
    Kita juga perlu mengetahui penilaian orang lain terhadap diri sendiri. Maka mintalah seseorang yang kamu percaya untuk menilai diri kamu, jika orang tersebut menyatakan sifat kurang baik yang ada pada diri kamu, maka kamu bisa mengevaluasi diri kamu untuk memperbaiki sifat tersebut, dan jika orang tersebut menyatakan sifat baik yang ada pada diri kamu, maka pertahankan sifat tersebut.

Itu adalah lima cara untuk mengenal diri sendiri, apakah kamu pernah melakukan cara-cara tersebut? Coba cara tersebut yuk agar kamu bisa mengenal lebih dalam tentang diri kamu. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan ikut membahas tentang cara mengenal diri sendiri di artikel bahas bareng Vinda kali ini. Tunggu artikel tentang bahas bareng Vinda yang lainnya ya.

Sumber : 10 Cara Mengenal Diri Sendiri Lebih Dalam dan Manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here