Mau Tau Tugas Anak Magang/PKL Itu Apa Aja Sih?

0
260

Kegiatan magang/PKL menjadi salah satu tolak ukur penting bagi mahasiswa/siswa yang ingin lulus. Program magang diadakan oleh universitas atau sekolah, bahkan banyak yang menjadikan magang sebagai syarat untuk lulus. Oleh karena itu, sebagai seorang anak magang/PKL terdapat hal-hal penting yang perlu kamu ketahui. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui sebelum kamu terjun di lokasi, sehingga kamu pun dapat melakukan banyak persiapan. Berikut ini merupakan tugas anak magang/PKL yang biasa ditanyakan.

  1. Berusaha memperluas jaringan ketika proses magang

Selama menjalani proses magang/PKL, kamu akan berhubungan dengan banyak orang. Tidak jarang kamu akan menjumpai orang-orang baru yang melakukan hal-hal baru pula. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan adanya peluang ini untuk mencari tahu bagaimana orang-orang dengan latar belakang tertentu bekerja, sehingga kamu pun dapat belajar. Catat segala informasi yang kamu dapatkan agar tidak terlupa serta berkenalanlah dengan orang baru tanpa harus merasa.

  1. Berusaha terbiasa dengan dunia kerja sebenarnya

Suasana lokasi magang/PKL yang sama persis dengan tempat kerja sebenarnya merupakan salah satu keuntungan. Kamu bisa mulai membiasakan serta menyesuaikan diri dengan banyaknya tugas-tugas serta deadline yang berlaku. Pihak perusahaan atau tempat magang/PKL pasti akan mengenalkanmu pada dunia kerja. 

Selain itu, kamu juga perlu belajar menjawab pertanyaan wawancara yang mungkin diajukan. Belajarlah untuk menjawab pertanyaan secara profesional karena pertanyaan yang diajukan tersebut memang ditanyakan ketika proses wawancara kerja yang sebenarnya. Ketika kamu menjalani semua proses dengan maksimal, maka kamu tidak akan merasa bahwa yang kamu lakukan tersebut sebenarnya adalah simulasi.

  1. Menerapkan ilmu yang sudah didapatkan

Magang/PKL menjadi salah satu sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan ketika berada di bangku kuliah/sekolah. Meskipun pada penerapannya kamu akan menjumpai banyak hal berbeda, namun kamu tetap akan membutuhkan konsep yang sudah diajarkan di bangku sekolah atau perkuliahan. Sebaiknya kamu mengulang pelajaran yang sudah didapatkan sebelum terjun langsung ke lapangan agar lebih siap.

  1. Melakukan komunikasi yang baik dengan perusahaan

Jika kamu magang/PKL di sebuah perusahaan, maka kamu perlu berusaha melakukan komunikasi yang baik. Bagaimanapun juga, hubungan yang terjalin bukan hanya antara kamu dengan lokasi kerja saja, tetapi juga antara kamu dengan institusi tempatmu berasal. Oleh karena itu, kamu perlu belajar langkah dasar untuk berkomunikasi dengan baik, berpenampilan baik, serta melakukan segala sesuatu yang akan menunjang performa di lokasi magang/PKL.

  1. Bersosialisasi dengan semua rekan kerja

Masalah yang seringkali dihadapi anak magang adalah partner bicara atau partner ngobrol yang baru di lokasi kerja terasa kurang nyambung. Namun, hal tersebut sebaiknya bukan jadi penghalang bagi kamu untuk melatih sosialisasi. Jangan sampai kamu hanya ngobrol dengan teman-temanmu yang magang di satu lokasi saja. Berusahalah untuk langsung berbaur dengan seluruh tim agar lingkaranmu tidak terbatas pada teman-teman magang/PKL saja.

Manfaatkan kesempatan emas ini untuk bertanya pada para senior, sehingga kamu pun akan mendapatkan ilmu baru yang mungkin saja terlewatkan ketika kamu sedang sibuk bekerja di tempat magang/PKL.

Itu dia beberapa tugas anak magang/PKL. Agar kegiatan magang lebih maksimal, kamu pun dapat mencari tahu tips pakaian magang, cara menjadi anak magang yang baik, mencari tahu etika saat magang, dan sebagainya hanya di pkl.web.id 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here