Bagaimana Cara Menghilangkan Sikap Pesimistis di Tempat PKL/Magang?

0
78

Semua orang terlahir optimis. Gak percaya? Lihat, deh, perilaku anak kecil. Sekalipun mereka terjatuh berulang kali, tapi gak pernah berhenti untuk belajar jalan, kan? Nah, dengan berbagai pengaruh dari lingkungan, lambat laun sikap optimis itu jadi memudar. Akibat banyaknya kepahitan dalam hidup, harapanmu mulai redup. Yang dulu optimis, sekarang jadi pesimis. Padahal, justru sikap inilah yang jadi penghambat suksesmu. Berikut cara menghilangkan sikap pesimistis dan merubah menjadi optimistis.

  1. Tuliskan Hal yang Disyukuri Setiap Hari

Terkadang, kamu seringkali menganggap remeh hal-hal kecil dalam hidup dan dari sinilah perasaan pesimis itu berasal. kamu kurang menghargai segala yang telah kamu miliki. Jadilah optimis. Ubah cara pandangmu. Fokuslah pada apa yang kamu miliki saat ini dengan membuat daftar rasa syukur. Setiap hari, tulislah tentang lima hal yang kamu syukuri dalam hidup.

  1. Berhenti Melihat Kegagalan Sebagai Penghakiman

Setiap orang pasti menghadapi rintangan yang dapat menimbulkan kegagalan. Kegagalan memang tak pernah mengenakkan, tetapi di balik kepahitan itu ada banyak pelajaran yang bisa kamu petik. Jadi berhenti melihat kegagalan sebagai penghakiman. Justru semakin banyak kegagalan yang dialami, semakin kuat mental kamu karena sudah berkali-kali berani mencoba.

  1. Ubah Pikiran Negatif dengan Pikiran Positif

Ketika kamu mendapati diri sedang berpikir negatif atau memikirkan beberapa pikiran yang membingungkan, maka berhentilah dan gantikan pikiran-pikiran itu dengan sesuatu yang positif. Bisa apa saja. Misalnya, kamu memikirkan apa pun yang membuat bahagia dan menambah nilai dalam hidup. Dengan begitu akan terbiasa berpikir positif dalam setiap hal.

  1. Keterlambatan Bukan Berarti Kegagalan

Kita mungkin cenderung memperbesar keterlambatan dalam hidup dengan berpikir bahwa itu adalah akhir dari segala proses yang telah dimulai. Setiap orang menghadapi rintangan. Itu hal wajar, bagian dari proses pembelajaran kehidupan. Dari keterlambatan tersebut, kamu semestinya belajar bahwa menaklukkan rintangan itu perlu kesabaran.

  1. Bantu Orang Lain

Pesimistis merupakan sikap negatif. Hal ini harus dilawan dengan sikap positif. Metode ampuh untuk membuat suasana hati jadi lebih baik dan senantiasa positif adalah dengan membantu orang lain. Melihat aksi kecilmu itu begitu berarti dan membuat mereka tersenyum, pasti akan senang, kan? Bayangkan saja, apabila sukses, semakin banyak orang yang bisa kamu bantu.

Semoga dapat membantu …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here