Hati-Hati, 10 Kesalahan Anak Magang Yang Harus Kamu Hindari!

0
66

Hallo teman-teman kembali lagi di artikel aku, di artikel kali ini aku akan membahas tips tips kesalahan-kesalahan anak magang yang harus teman-teman hindari. Kerja magang emang cukup menantang. Tapi tak jarang banyak juga mahasiswa atau fresh graduate yang masih sulit beradaptasi atau masih bingung untuk menempatkan diri selama mengikuti magang. Oleh karena itu, yuk kita cari tahu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh anak magang yang bisa kamu hindari!

  1. Tidak Disiplin Waktu

Siapa nih yang hobi telat pas masih sekolah atau kuliah? Saatnya buang jauh-jauh sikap itu deh sebelum kamu akan mendapatkan kesan yang kurang baik dari rekan kerja maupun atasan! Selain itu, keterlambatan bisa menghambatmu dalam melakukan pekerjaan yang diberikan.

Disiplin dalam bekerja merupakan salah satu aspek penting dalam penilaian magang. Wajib hukumnya jika kamu harus menghafal jam kerja dan jangan sampai bolos ataupun terlambat baik itu menghadiri meeting maupun menyelesaikan pekerjaan.

  1. Bersikap Pasif Saat Bekerja

Dilansir dari UMBC, magang merupakan sarana untuk memberi mahasiswa suatu kesempatan untuk eksplorasi, pengembangan karier, dan untuk mempelajari keterampilan baru. Bersikap pasif saat bekerja atau tidak pro-aktif bisa membuatmu melewatkan kesempatan emas, loh!

Setelah kamu telah menyelesaikan tugas yang diberikan, jangan hanya menunggu perintah selanjutnya dari atasan, tapi cobalah untuk berinisiatif bertanya biar kamu bisa lebih banyak eksplor hal baru sekaligus membantu orang lain.

  1. Kurang Menjaga Attitude

Sebagai anak magang, sudah sepantasnya kita menjaga attitude dengan berperilaku baik dan sopan terhadap senior maupun rekan kerja lainnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat, hargailah pendapat mereka dan kemukakan alasanmu mengapa kamu memiliki pendapat yang berbeda yang sopan tanpa membuat mereka tersinggung, ya!

Hal lain yang mungkin perlu dihindari yaitu godaan dari sosial media. Jangan sampai pada saat magang kamu hanya sibuk membuka sosial media dan mungkin terlalu banyak membagikan momen saat kamu bekerja sehingga mengurangi produktivitas kamu.

  1. Menyepelekan Tugas dan Tanggung Jawab

Jika kamu mendapatkan tugas yang mungkin cukup mudah, janganlah meremehkan tugas tersebut ya! Karena bagaimanapun juga tugas atau pekerjaan yang diberikan kepadamu bisa meringankan beban kerja tim. Tetaplah mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh sehingga pekerjaanmu bisa selesai dengan baik walaupun durasi magang memang tergolong singkat yakni sekitar 1-3 bulan.

  1. Melakukan Kesalahan yang Sama

Sah-sah saja sih melakukan kesalahan saat kamu magang, karena magang merupakan proses di mana kamu bisa belajar dan menambah pengalaman profesional. Mengulangi kesalahan yang sama dapat membuat kamu dianggap tidak serius dan tidak mau berubah dan menjadikanmu jelek di mata orang lain. Cara yang bisa kamu lakukan yakni kamu harus introspeksi diri lagi nih, kira-kira mengapa kamu bisa melakukan kesalahan yang sama tersebut dan apa solusinya.

  1. Kurang Fokus

Saat magang, cobalah untuk selalu fokus apalagi jika kamu lagi WFH mungkin akan ada banyak distraksi di lingkungan sekitarmu, seperti notifikasi dari sosial media kamu, suara bising dari tetangga, orang rumah, dan lain sebagainya. Jika kamu memang merasa lagi kurang fokus, cobalah untuk membuat catatan dengan poin-poin mengenai apa saja yang harus kamu kerjakan agar tidak terlewatkan.

  1. Tidak Meminta Feedback

Jangan takut untuk meminta feedback kepada atasan maupun rekan kerja, karena dengan menerima feedback atau umpan balik bisa memberikan kamu kesempatan untuk membangun wawasan berharga dan meningkatkan kemampuanmu dalam pekerjaan itu.

Menurut Forbes, sering kali atasanmu terjebak dalam jadwal kerja yang sibuk dan lupa menyediakan waktu untuk memberikan feedback terhadap hasil kerjamu. Kamu bisa mencoba untuk follow-up kembali atau bertanya kepada supervisor atau rekan kerjamu, sehingga mereka bisa memberikan tanggapan. Hal ini juga bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan untuk meningkatkan skill dan mendengar apa yang mereka katakan.

  1. Terlalu Sering Bertanya

Magang memang merupakan kesempatan bagimu untuk menggali lebih dalam seperti apa proses pekerjaan yang sebenarnya. Jika kamu merasa masih kurang paham, kamu bisa bertanya kepada atasan, senior, dan rekan kerja. Tapi jangan sampai kamu terlalu sering bertanya karena bisa mengganggu mereka. Tipsnya, bertanyalah sewajarnya dengan pertanyaan yang berbobot dan pada saat waktu yang tepat. Sebelum bertanya kamu bisa mengamati terlebih dahulu dan fokus, ya!

  1. Bersikap Malas

Jika kamu bermalas-malasan saat magang, sama saja kamu menyia-nyiakan peluang untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang akan membantumu untuk karir kedepannya. Apapun kondisinya, bertanggung jawablah terhadap tugas yang telah diberikan kepadamu, kerjakan dengan baik dan maksimal serta selesaikan dengan tepat waktu.

  1. Tidak Bisa Mengatur Waktu

Sering kali kamu dihadapkan dengan task yang bertubi-tubi, penting bagimu untuk tidak mengesampingkan proyek-proyek penting dengan mengorbankan mengerjakan pekerjaan yang kurang penting.

Menurut The Balance Careers, tanyakan kepada atasanmu tugas mana yang menjadi prioritas, dan pastikan untuk mencurahkan sebagian besar energimu untuk menyelesaikannya   biar maksimal! 

Itu dia 10 kesalahan magang yang harus teman-teman hindari ya, agar kita tenang sampai kita nanti selesai magang. Semoga membantu guys!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here