Hallo teman-teman kembali lagi di artikel aku, kali ini aku akan membahas tentang bagaimana sih caranya memasarkan barang melalui sosial media marketing. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sosial media kini telah menjadi sebuah sarana untuk bagi para pebisnis untuk menjaring keuntungannya. Bagaimana tidak, tingkat efektivitas yang tinggi mendukung para pebisnis untuk memasarkan barang dagangannya melalui media sosial.
Perlu kamu ketahui bahwa, sosial media marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran produk melalui digital. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan barang melalui sosial media marketing.
- Memperbanyak Jumlah Teman atau Followers
Kamu bisa mengibaratkan media sosial sebagai pasar atau lapak jualan kamu. semakin banyak jumlah teman atau pengikut, maka semakin besar pula kemungkinan barang yang kamu tawarkan laku. Namun kamu juga perlu menganalisa apakah target pasar kamu yang telah sesuai dengan barang yang kamu tawarkan?
Misalnya kamu memasarkan barang berupa hijab, maka kamu harus memperbanyak teman atau pengikut perempuan, kemudian pastikan pula bahwa mereka merupakan orang-orang yang memang suka mengenakan jilbab.
- Membangun Interaksi yang Positif Dengan Para Followers dan Teman
Pada dasarnya media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Walaupun kamu menggunakannya untuk memasarkan barang, namun setidaknya jangan melupakan fungsi utama ini. sekali-kali coba untuk aktif memberikan like, maupun komentar pada postingan pengguna lain yang sekiranya sesuai dengan target pasar kamu.
Dengan begitu, bukan tidak mungkin mereka akan tertarik dengan bisnis kamu. intensitas interaksi yang sering terbangun juga akan membuat postingan kamu muncul lebih sering pada beranda mereka.
- Foto Produk yang Berkualitas
Foto merupakan visualisasi dari produk kamu. foto yang bagus dan berkualitas akan membuat para calon konsumen lebih mudah tertarik dan membuat trust yang lebih besar. Terlebih jika foto yang kamu terima dari supplier memiliki kualitas yang kurang bagus, kamu bisa membuatnya ulang. Dan jika kamu lihai dalam editing, kamu bisa memanfaatkannya dalam hal ini.
- Memberikan Testimonial
Cara berikutnya dalam memasarkan barang di media sosial adalah dengan memberikan testimoni. Hal ini berguna untuk meningkatkan kredibilitas bisnis kamu. jika membeli produk melalui media sosial terbilang riskan karena marak penipuan, maka testimoni bisa mematahkan asumsi ini.
Semakin banyak testimoni yang kamu berikan maka semakin banyak pula customer yang percaya bahwa jualan kamu benar-benar laris dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun saat ini memang sedang marak testimoni palsu yang diberikan oleh para pebisnis.
Hal ini menjadi tantangan untuk kamu, pastikan bahwa testimoni yang kamu berikan adalah ori! Dengan begitu rasa kepercayaan mereka terhadap bisnis kamu akan terus berkelanjutan.
- Membangun Komunitas Media Sosial
Bukan hanya sekedar jumlah like maupun share yang kamu butuhkan dalam memasarkan barang di media sosial. Namun kamu butuh sesuatu yang lebih bersifat pribadi dan mengikat, misalnya sebuah komunitas bersama pelanggan setia kamu. ajaklah mereka yang tertarik dengan bisnis kamu ataupun mereka yang memenuhi kriteria untuk bergabung.
Dengan dibentuknya sebuah komunitas maka kamu akan terdorong untuk terus menyediakan konten secara konsisten, dan membuat para pelanggan untuk terlibat aktif dan menjadi bagian dari komunitas bisnis kamu. dengan begitu, kamu tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari target pasar di luar komunitas.
- Berkolaborasi Dengan Influencer
Seorang influencer cenderung memiliki hubungan yang relatif dekat dengan para pengikutnya. Mereka juga diyakini memiliki kepercayaan yang tinggi di mata para pengikutnya. Ketika ia memposting suatu brand maka akan membuat para pengikutnya tertarik, dan berujung pada keputusan untuk membeli barang yang dipromosikan. Hal ini tentunya akan berdampak hebat pada bisnis kamu.
Tidak harus influencer yang sangat populer dan memiliki jutaan pengikut. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan anggaran kamu, kemudian pilihlah yang memiliki kemampuan selling yang baik, serta para pengikutnya sesuai dengan kriteria target pasar kamu.
- Menggunakan Platform Alternatif
Apabila suatu platform media sosial telah sangat ramai dan dipenuhi oleh para pebisnis. Maka akan terjadi persaingan yang cukup sulit dan ketat. Karena kamu harus berebut target pasar dengan para pesaing. Bagi pebisnis pemula mungkin ini akan membuat mereka bekerja sedikit lebih keras.
Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mencari platform alternatif untuk dapat menyiasati hal ini. misalnya menggunakan aplikasi lain yang belum terlalu ramai dengan pebisnis, seperti pinterest ataupun tiktok. Walaupun penggunanya belum didominasi oleh para pebisnis, namun tidak ada salahnya Anda mencoba. Karena justru hal ini bisa mendatangkan keuntungan tersendiri untuk bisnis kamu.
- Media Sosial Sebagai Layanan Pelanggan
Memberikan pelayanan kepada pelanggan melalui media sosial menjadi mudah dan lebih praktis. Seperti ulasan, keluhan, serta permasalahan terkait produk lebih banyak dan mudah ditemukan dalam media sosial. Terlebih lagi platform yang memiliki banyak pengguna seperti facebook, instagram, maupun twitter.
Ketika para pelanggan nyaman menggunakannya maka mereka akan dengan senang hati menyambut pelayanan kamu melalui media sosial. Usahakan untuk selalu memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan agar media sosial bisnis kamu ramai dengan ulasan-ulasan positif yang dapat berpotensi mendatangkan pelanggan-pelanggan baru yang lebih banyak.
Nah itu dia cara untuk memasarkan barang dengan sosial media marketing yang dapat kamu terapkan. secara keseluruhan hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Karena dalam berbisnis kamu tidak harus memiliki bakat, atau memiliki kemampuan. Namun kamu hanya perlu kemauan untuk belajar dan tekad yang kuat. Semoga berhasil!