Tips Agar Anak Pkl Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

0
65

Hallo temen-temen kali ini aku mau berbagi beberapa tips nih agar kalian yang lagi pkl bisa cepat beradaptasi di lingkungan kerja baru apalagi kan itu pertama kalianya kita  jauh dari rumah,dari orang tua karna biasanya pkl  itu berbulan-bulan.

Temen-temen pernah ga sih merasa takut atau cemas ketika baru memasuki lingkungan Kerja? Biasanya hal ini dirasakan oleh fresh graduate atau anak pkl yang ingin magang karena masih asing dengan budaya baru di tempat kerja. Beradaptasi di lingkungan kerja itu penting loh supaya kamu bisa lebih betah dan produktif selama bekerja.

ada beberapa tips nih yang harus kamu terapkan, yuk disimak!

1. Perkenalkan Diri dan Memulai Obrolan di Tempat Pkl

Saat di tempat pkl Jangan menununggu orang lain mengahampirimu untuk memperkenalkan dirinya dan memulai obrolan. Namun sebaliknya, sebagai orang baru kamu wajib memperkenalkan dirimu dan mengajak orang lain untuk mengobrol. Dengan begitu kamu dapat mengurangi rasa canggung dan mulai mempelajari karakter masing – masing orang.

2. Sapa Orang di Tempat Pkl

Di tempat pkl Kamu juga perlu bersikap ramah kepada orang lain. Sapalah orang – orang disekitarmu dan jangan lupa untuk memberi senyum. Sehingga orang lain akan lebih terbuka untuk berbicara denganmu. Sebaliknya jika kamu hanya diam dan tidak menyapa orang lain, maka kamu akan di cap sebagai orang yang sombong.

3.Tetap Jadi Diri Sendiri

Berpindah ke suatu lingkungan baru bukan berarti harus mengubahmu menjadi orang lain. Pengaruh lingkungan memang kuat, akan tetapi kamu tetap harus berpegang teguh pada jati dirimu sendiri.

ada juga nih beberapa tips lainnya,simak juga yah!!

1.Observasi Lingkungan Pkl

kalo temen-temen sudah keterima di tempat pkl, coba amati bagaimana rekan kerja kamu melakukan tugas dan berkoordinasi. Perlahan kamu dapat mengikuti ritme kerja mereka dan bisa menyesuaikan diri lebih cepat. Dengan observasi juga, kamu bisa menentukan seberapa formal dan seberapa santai gaya komunikasi yang diterapkan di perusahaan itu. temen-temen bisa jadi lebih akrab deh dengan rekan di tempat pkl.

2.Selalu Bersikap Terbuka Saat Berada di Tempat Pkl

Banyak hal baru yang akan temen-temen temui dan pelajari di tempat pkl. Jika temen-temen bersifat terbuka, mempelajari hal baru akan terasa lebih menyenangkan. Keterbukaan kamu juga dapat menjadi sikap yang disenangi rekan pkl lainnya karena kamu selalu siap menerima ilmu dan masukan dari mereka. Perlu diingat bersikap terbuka juga ada batasannya ya , supaya kamu tidak terlalu mengekspos seluruh sifat kamu di lingkungan profesional.

3.Tunjukkan Sikap Profesionalisme Saat Pkl

Sifat yang jujur, disiplin, dan sopan dapat mencerminkan sisi profesional kamu kepada rekan pkl yang lain. Dengan menunjukkan sifat tersebut, kamu dapat menonjolkan kualitas diri secara tidak langsung. Walaupun masih berstatus magang atau karyawan baru, kamu juga bisa loh unjuk gigi tanpa meninggalkan kesan sombong.

mungkin itu beberapa tips yang bisa temen-temen terapkan mulai dari diri sediri karna yang bisa merubah kita lebih baik bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri .Semoga bermanfaat ya Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here