Tips Olahraga yang Bisa Menurunkan Berat Badan bagi Pekerja Kantoran !

0
30

Kita pekerja kantoran bisa duduk selama 3 Р5 jam perhari. Menurut Campbell, duduk lama dapat mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung, sehingga menurunkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengenyahkan lemak-lemak berbahaya dalam darah. Duduk lama juga merusak fungsi pembuluh darah dan meningkatkan rasa lapar.

Bekerja sembari ditemani cemilan memanglah nikmat dan menghadang rasa lapar. Tapi secara tidak sadar, kebiasaan ini bisa meningkatkan berat badan dan massa lemak kita lho !

Tapi tenang saja, disini aku mau share ke temen temen semua program dan tips – tips olahraga juga diet apa yang sehat dan dapat menurunkan berat badan sebelum bekerja ke kantor.

1. Bangun 2-3jam Lebih Awal Dari Jam Masuk Kantor

Aku masuk kantor sekitar jam 10. Aku akan selalu berusaha untuk bangun paling telat jam 8. Mengapa begitu ? Setelah bangun dari tidur, kita tidak disarankan untuk langsung bangkit dan beraktifitas, karena bisa mengakibatkan postural hipotensi. Setelah bangun tidur jangan langsung duduk atau berdiri, apalagi berjalan. Buka mata dulu, baru duduk. Setelah merasa seimbang dan aliran darah lancar, baru boleh berdiri dan jalan.

2. Minum Air Putih

Setelah tubuh kita siap beraktifitas, teguk terlebih dahulu segelas air putih. Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

 

3. Saatnya Berolahraga !

Setelah kurang lebih 30menit kita re-booting system tubuh, kita sudah siap untuk berolahraga !

Ini program olahraga yang setiap hari ku lakukan sebelum berangkat kerja

  • Squat, 10x, 4repetisi
  • Jumping Jacks, 20dtk, 4repetisi

Sudah, hanya dua ini saja setiap paginya. Kedua olahraga ini disarankan untuk dilakukan selagi perut kosong. Kalau tidak sempat olahraga di pagi hari, saat pulang kantor pun tidak apa apa, tapi ada baiknya intensitasnya ditambah atau ditambah juga dengan olahraga jogging 15-30 menit.

 

4. Diet

Aku akan share rekomendasi makanan dan jadwal makan yang sekarang sudah jadi kebiasaanku

  • 08:00 , Sarapan >> Oatmeal/Roti Gandum/Salad Buah/ Sereal Gandum
  • 10:00 , Snack >> Apel/Stroberi/Pisang/Pepaya
  • 12:00 , Makan Siang >> Nasi(1/2 porsi dari biasanya) + Lauk tinggi serat & protein seperti sayuran, tempe/tahu, telur rebus
  • 15:00 , Snack >> Pepaya/Mangga/Buah Naga , atau oat bar
  • 18:00 , Makan Malam >> Boleh makan apa saja asal kadar lemaknya tidak terlalu tinggi, TIDAK BOLEH MAKAN MAKANAN MENGANDUNG KARBOHIDRAT

Kalau merasa lapar setelah jam dinner terlewati, teman teman boleh ganjal dengan buah buahan, minum air putih, atau oat bar. Lebih disarankannya untuk menahan lapar dengan minum air putih.

 

Memang kelihatannya remeh, hanya dua jenis olahraga dan pola makan pun ga menyiksa. Tapi buat mempertahankan komitmennya sulit lho ! Aku mulai diet ini sekitar bulan september akhir (2022) dengan berat badan 65kg dan tinggi 168cm. Sampai sekarang, pertengahan oktober (2022) update kondisi tubuhku jadi lebih toned dan berat badan stay di 61.3kg , tinggi masih 168cm. Karena aku tipe yang susah banget nurunin berat badan, buatku segini sudah okay banget !!

Mungkin segini aja yang bisa aku bagikan, buat temen temen yang mau nanya , feel free buat komen dibawah artikel ini ya ! Juga yang udah nyoba programnya dan ada perubahan, share di kolom komentar dibawah ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here