Tips mencari tempat PKL

0
76

Praktek Kerja Lapangan (PKL) salah satu kurikulum SMK dalam melaksanakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman kepada siswa SMK. Pelaksanaan PKL minimal dilaksanakan selama 1 bulan dan maksimal 3 bulan. Praktik kerja lapangan bagi anak SMK hal yang wajib dilaksanakan. Pelaksanaan praktik kerja lapangan mempunyai tujuan agar seorang siswa dapat mengembangkan keterampilan dan memahami etika dalam bekerja dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan saat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

Para siswa/i SMK akan terjun lansung ke dunia kerja untuk melatih kemampuan diri pada saat bekerja. Kesiapan diri yang matang hal yang sangat dibutuhkan pada kelangsungan praktik kerja lapangan. Praktik yang di laksanakan anak SMK harus di manfaat kan dengan sebaik mungkin karena tidak hanya mengejar nilai tetapi harus mejadi bekal untuk kedepannya agar mendapat ilmu yang berguna. Oleh karena itu setiap siswa harus bisa mendapat tempat PKL yang nyaman dan tepat agar dapat berjalan dengan baik.

Beberapa tips untuk mendapatkan tempat PKL

1. Lihat perusahaan yang direkomendasikan oleh sekolahmu

Sekolahmu pasti tahu perusahaan yang paling pas untuk dijadikan sebagai tempat magang nantinya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kamu mempertimbangkan hal ini terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mencari tempat magang sendiri.

2. Tanyakan tempat magang yang bagus kepada kakak kelas

Kalau memang sekolahmu tidak merekomendasikan tempat magang, kamu bisa lanjut ke opsi kedua. Mulai aktif tanyakan kepada kakak kelasmu yang sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan magang.

3. Mencari tahu di Internet

Internet mempunyai jangkauan yang sangat luas. Dalam pencarian PKL di internet akan mempermudah jalananya penemuan tempat PKL. dan siswa SMK juga akan melihat berbagai perusahaan dengan kualifikasi yang berbeda. Sosial media juga bisa digunakan dalam mencari tempat magang, dengan mengikuti akun seperti instagram atau facebook akan lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi mengenai loker PKL. Sehingga akan cepat mendapatkan tempat PKL sesuai dengan bidang atau perusahaan yang diinginkan.

4. Mencari tempat PKL yang sesuai diinginkan

Dalam mencari tempat PKL harus sesuai dengan yang kita inginkan. Contohnya siswa SMK menginkan menjadi jurnalistik maka ketika mendaftar PKL harus di perusahaan media. Hal tersebut memberikan dampak positif pada diri sendiri karena mendapat peluang wawasan yang baik untuk masa depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here