Tips Sehat Ketika Bekerja Lama Di Komputer

0
67

Tips Sehat Ketika Bekerja Lama Di Komputer

Hallo temen-temen aku mau berbagi tips nih yang berguna banget buat kita semua supaya kita tetap sehat ketika terlalu lama bekerja di depan komputer apalagi buat kalian yang lagi pkl dan bekerja  simak penjelasan berikut ya

1. Atur Posisi Duduk yang Benar
Jangan asal duduk karena resikonya Anda bisa sakit di bagian punggung. Posisi duduk sebisa mungkin punggung harus lurus nyaman dengan sandaran tempat duduk. Selain itu, leher tegak dan paha lurus dengan kursi dan sejajar dengan lantai. Perhatikan juga jarak mata dengan layar komputer.

Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk, posisi duduk yang salah bisa menjadi penyebab punggung bagian bawah terasa sakit setelah lama duduk. Tarik pinggang ke sudut kursi sampai menyentuh sandarannya, hal ini bisa membuat posisi duduk jadi tegak lurus.

Pastikan keyboard cukup dekat untuk dijangkau, sehingga saat mengetik Anda tidak membungkuk. Atur kemiringan keyboard agar menggunakan kaki keyboard (jika ada). Atur posisi keyboard senyaman mungkin agar bahu tetap santai. Begitu pula dengan mouse, letakkan mouse di posisi yang dapat dijangkau dengan mudah.

2. Atur Monitor dan Tampilan Layar
Posisi monitor harus diatur dengan tepat dan senyaman mungkin. Posisi monitor jangan terlalu bawah dari pandangan mata, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit leher dan punggung. Jangan pula terlalu ke atas, karena kemungkinan bisa menimbulkan kerugian bagi kesehatan mata. Jarak pandang antara mata dengan layar monitor sebaiknya minimal sekitar 50 cm.

Atur juga tampilan di layar, usahakan jangan terlalu kecil. Kecerahan layar jangan terlalu terang, karena bisa membuat mata kelelahan. Selain itu, sesuaikan penerangan ruangan agar tidak terlalu gelap, terlalu terang, maupun ada pantulan cahaya di layar komputer. Pertimbangkan juga apakah layar monitor perlu dipasangi filter cahaya.

3. Terapkan Teknik 20-20-20
Teknik 20-20-20 sebenarnya sudah cukup ramai digunakan dan sudah tidak asing lagi. Terutama di kalangan pekerja kantoran yang sehari-hari harus duduk lama di depan layar komputer. Teknik ini sangatlah mudah, saat Anda sudah menatap layar selama 20 menit, maka Anda harus mengalihkan pandangan ke benda berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Penggunaan teknik ini bisa mengurangi gejala ketegangan mata, mata lelah, mata kering dan iritasi. Agar teknik ini bisa diterapkan dengan baik, sebaiknya pasang alarm selama bekerja agar Anda tidak lupa untuk melakukannya tiap 20 menit sekali.

4. Regangkan Badan
Saat sedang asyik bekerja menggunakan laptop, sisihkan waktu sejenak untuk meregangkan badan. Hal ini cukup berguna untuk refreshing tubuh dan menghilangkan stres. Pikiran juga bisa rehat sejenak setelah lama berpaku pada tugas yang dikerjakan. Lakukan peregangan atau relaksasi ini tiap 2 – 3 jam sekali.

Peregangan ini bisa dilakukan sambil duduk maupun sambil berjalan di sekitar meja kerja ataupun berjalan ke luar ruangan.. Tips ini berlaku juga bagi pekerja yang sedang work from home (WFH). Peregangan mungkin bisa lebih santai sambil menghirup udara segar di daerah sekitar rumah.

5. Latihan Pergelangan Tangan
Lakukan latihan sederhana pada jari dan pergelangan tangan. Caranya dengan menggerakkan jari atau pergelangan ke atas dan ke bawah. Anda bisa melakukan latihan ini beberapa kali dalam sehari, gerakan ini bisa mencegah dari risiko Carpal Tunnel Syndrome.

6. Minum Air yang Cukup
Kesibukan bekerja di depan komputer kadang bisa membuat seseorang lupa untuk minum air. Konsumsi air putih yang cukup akan berguna menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu, minum air putih juga bisa meredakan rasa kantuk karena terlalu lama duduk menatap layar komputer.

Lagipula ketika minum, tubuh otomatis jadi bergerak untuk mengambil air untuk diminum. Artinya, dengan minum air Anda juga memperbanyak gerak tubuh. Agar tidak mudah lupa, ada baiknya siapkan botol minum di dekat meja kerja.

7. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hal Selain Pekerjaan
Keseharian duduk lama di depan komputer harus diimbangi dengan aktivitas lain yang tidak terkait dengan pekerjaan. Luangkan waktu untuk tetap bersosialisasi, mengobrol dengan rekan, maupun menekuni hobi di hari libur.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan tetap aktif bergerak. Olahraga sederhana seperti jogging atau bersepeda pun sudah cukup berguna bagi tubuh. Setelah pulang kerja, sebaiknya kurangi penggunaan ponsel agar mata bisa beristirahat.

8. Penuhi Kebutuhan Nutrisi
Agar tetap bertenaga menjalani pekerjaan dan lekas pulih dari kepenatan, penuhi kebutuhan nutrisi dengan baik. Kekurangan nutrisi bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan bisa menurunkan produktivitas kerja.

Untuk itu, jangan terlewat mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah, ikan, dan sebagainya. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, karena dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Makanlah tepat waktu dan hindari konsumsi junk food. Batasi konsumsi makanan yang berlemak dan yang mengandung rasa manis berlebih.

9. Tidur yang Cukup
Tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan agar tubuh jadi segar pagi harinya. Sebaiknya tidur malam tidak lebih dari jam 10 malam dan jangan begadang bila tidak ada perlunya. Bagi pekerja yang masuk di shift malam, ada baiknya sebelum jam kantor malam tiba, tidur dulu 1 – 2 jam. Saat kebutuhan tidur tercukupi, maka produktivitas di tempat kerja bisa terjaga dengan baik.

10. Berkedip
Terlalu lama terpaku menatap layar gadget bisa membuat mata berkedip lebih sedikit. Ini mungkin terkesan sangat sepele namun berkedip cukup penting untuk mengurangi resiko masalah pada mata. Kalau perlu pasang note bertuliskan “berkedip” di layar komputer.

Selain berkedip, menutup mata untuk beberapa saat juga bagus untuk mengistirahatkan mata.

Terlebih jika mata sudah terasa panas maupun kering, Anda bisa gunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata.

mungkin itu beberapa tips supaya kita tetap sehat walaupun bekerja lama di depan komputer, tips-tips di atas perlu dibiasakan dan dijadikan rutinitas, agar manfaatnya lebih optimal. Pada dasarnya, tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar tetap fit.

Utamanya untuk organ mata yang beresiko mengalami gangguan kesehatan apabila mata diforsir untuk terus menatap layar komputer. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here