Hallo teman-teman, di tulisanku kali ini aku akan memberikan sedikit tips tentang tata ruang kantor agar kita nyaman dalam bekerja. Dengan adanya tata ruang kantor dapat menjadikan pekerjaan di kantor menjadi lebih efektif dan efisien yang mana dapat memberikan kenyamanan bagi para pegawai yang bekerja di ruang kantor sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.
Apa itu tata ruang kantor? Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada karyawan dalam bekerja.
Diadakannya tata ruang kantor juga punya tujuannya loh, ada apa aja sih tujuannya?
- Memberikan kenyamanan kepada karyawan, sehingga karyawan lebih betah dalam bekerja.
- Memanfaatkan ruangan kantor dengan maksimal, sehingga tidak ada ruang yang tidak berguna.
- Memudahkan arus komunikasi dan arus kerja.
- Memudahkan dalam pengawasan.
- Memudahkan dalam memberikan pelayanan, baik pelayanan kepada rekan kerja maupun kepada pelanggan.
- Memudahkan gerak karyawan dalam bekerja.
- Memberikan rasa aman dan keleluasaan pribadi.
- Menjauhkan dari kebisingan yang terjadi.
- Memberikan pencitraan yang baik kepada pelanggan maupun tamu perusahaan.
Tata ruang kantor juga ada 3 macam jenis, diantaranya:
- Tata ruang kantor tertutup (Close plan office)
Tata ruang kantor tertutup adalah tata ruang kantor yang bentuk tata ruangnya terpisah-pisah menjadi beberapa bagian dan bersifat tertutup pada tiap ruangannya. Tata ruang kantor yang tak berpintu biasanya digunakan untuk membatasi pandangan mata agar bisa lebih fokus dalam bekerja.
Kelebihan tata ruang kantor tertutup:
- Terjaganya moral staf atau pekerja
- Kerahasiaan pekerjaan khusus tetap terjaga
- Terjaminnya konsentrasi kerja
- Pimpinan lebih tenang bekerja karena tak terganggu aktivitas karyawan lain
Kekurangan tata ruang kantor tertutup:
- Pengawasan lebih sulit karena terhalang penyekat.
- Biaya besar dibutuhkan untuk pemeliharaan ruangan.
- Kesulitan merubah ruangan atau tukar tempat antara bagian yang satu dengan lainnya.
- Tata Ruang Terbuka (Open Plan Office)
Tata ruang kantor terbuka adalah bentuk penataan ruang kerja yang tak menggunakan penyekat dalam suatu ruangan besar, sehingga semua pekerja bisa diamati dengan mudah. Biasanya tata ruang ini digunakan oleh para perusahaan kreatif, startup teknologi, dan bahkan organisasi besar yang sedang berkembang. Umumnya mereka yang menerapkan konsep tata ruang kantor terbuka sangat mengutamakan keterbukaan dalam pekerjaan.
Kelebihan tata ruang kantor terbuka:
- Pengawasan pegawai lebih mudah dan efisien.
- Mempererat hubungan antar pegawai.
- Arus pekerjaan lebih lancar karena dikerjakan dalam satu ruangan.
- Pencahayaan lebih bagus.
Kekurangan tata ruang kantor terbuka:
- Ruangan yang terbatas membuat jadi sulit jika ada penambahan pegawai atau alat kantor.
- Memberikan tekanan kepada pegawai karena cara hidupnya terus diawasi.
- Tingkat keamanan bagi pekerja.
- Rahasia jadi turun dan tak ada privasi.
- Tata ruang kantor berpanorama/berhias (Landscape office)
Konsep tata ruang kantor berpanorama termasuk unik dan menyenangkan dibandingkan konsep penataan ruang kantor lainnya dimana ruang kerjanya dihiasi oleh tanaman, ornamen-ornamen dekorasi, karya seni. dan lain sebagainya. Menerapkan konsep tata ruang berpanorama dijamin dapat meningkatkan produktivitas pegawai menjadi lebih baik karena suasana yang tadinya kaku menjadi dinamis dan menyenangkan.
Kelebihan tata ruang berpanorama/berhias:
- Kelihatan lebih asri dan segar.
- Mengurangi ketegangan syaraf pada pegawai.
- Menciptakan lingkungan kerja kondusif dan menarik.
- Memancing daya kreatif dan produktivitas pegawai.
Kekurangan tata ruang berpanorama/berhias:
- Renovasi dan perawatan kantor yang mahal.
- Membuat ruangan terlihat aneh ketika desainnya tak sesuai.
- Kebanyakan ornamen yang semestinya tak dibutuhkan.
Kayanya artikel hari ini cukup sampai disini, terima kasih yang sudah berkenan membaca artikel ini, sampai jumpa ditulisan tulisan ku yang lain:)