Hallo teman teman ! dalam artikel kali ini Trisa akan membahas tentang mengapa kita harus lebih sering mengucapkan “terima kasih”. Kita¬†mengucapkan terima kasih atas hadiah, bantuan tak terduga, bantuan pada saat dibutuhkan, dan hal hal kecil lainnya.

Sudah seberapa sering teman teman mengucapkan terima kasih kepada orang lain? Apakah teman teman hanya mengucapkan terima kasih kepada orang yang disukai, atau hanya kepada mereka yang dikagumi atau dianggap penting? Atau jarang mengucapkan terima kasih?

Ataukah teman teman sudah berinteraksi dengan sering menggunakan kata yang kuat ini? Sebenarnya seberapa pentingnya sih mengucapkan terima kasih itu ?

 

Berikut adalah beberapa alasan yang menjelaskan bahwa ucapan terima kasih itu penting ala Trisa.

  1. Untuk Menunjukkan Apresiasi

Pertama, yang paling jelas terlihat ialah terima kasih berfungsi
untuk menunjukan apresiasi kita atas apa yang dilakukan oleh orang lain. Terkadang banyak hal simple yang dilakukan oleh orang lain tapi secara kita tidak sadari dampaknya nyata terhadap kita walaupun hanya sedikit. Contohnya, mengucapkan terima kasih kepada pelayan yang mengantarkan makanan atau minuman teman teman. Mungkin teman teman akan berpikir jelas itu adalah pekerjaannya namun pernahkah kita sadari bahwa tanpa mereka makanan kita tidak akan pernah sampai ke meja kita? Itulah mengapa penting untuk mengapresiasi apapun yang dikerjakan oleh orang lain untuk kita, karena kita manusia sebenarnya saling membutuhkan satu sama lain.

2. Menjadi Jembatan Penyambung Keakraban

Yang kedua ialah terima kasih dapat menjadi jembatan penyambung keakraban dan silaturahmi di antara sesama. Pernahkah teman teman mengucapkan terima kasih kepada seseorang secara rutin, kemudian lama kelamaan orang tersebut menjadi baik hingga akrab dengan kalian? Terima kasih terkadang dapat menjadi jembatan yang mengakrabkan kita dengan orang lain. Misalnya saja, ketika kita mengucapkan terima kasih kepada teman baru kita yang memberikan informasi tentang tugas untuk esok hari. Dari ucapan terima kasih tersebut secara tidak kita sadari akan menimbulkan impresi yang baik terhadap kita dan membuat orang lain akan membuka dirinya dan membuka ruang untuk pengakraban dengan kita.

3. Menambah Nilai Positif bagi Setiap Orang yang Mengucapkannya

Tidak jarang orang di terima dalam suatu perusahaan atau organisasi karena mengucapkan “terima kasih”, entah atas kesempatan yang diberikan atau mengucapkannya di akhir wawancara. Terima kasih menunjukkan rasa hormat serta jiwa profesionalisme kita yang dapat menghargai sesama terutama seseorang yang berada di atas kita. Tak jarang seseorang yang pintar namun tidak membudayakan terima kasih dalam kehidupannya, akan sulit mendapatkan pekerjaan atau bahkan teman, karena ia dianggap kurang bisa menghormati orang lain.

 

Jadi, ketiga alasan tersebut merupakan alasan yang penting mengapa wajib bagi kita untuk selalu membudayakan mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang membantu kita menurut Trisa.

Pernahkah kalian menghitung sudah berapa banyak mengucapkan terima kasih pada hari ini? Atau ingatkah kita pada siapa saja kita mengucapkan terima kasih dan dalam rangka apa saja? Mungkin sebagian dari kita tidak sadar sudah berapa banyak kita mengucapkan terima kasih dan pada siapa saja kita mengucapkannya. Entah itu karena kita ternyata sudah mengucapkan terima kasih secara tidak sadar, atau justru yang lebih parah masih ada di antara kita yang masih jarang untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Padahal seperti yang kita ketahui, penting sekali budaya mengucapkan terima kasih dalam kehidupan sehari-hari kita. Trisa harap teman teman semua mulai belajar mengapresiasi hal – hal kecil yang orang lain lakukan pada kita ya ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here