Sering merasa tidak nyaman saat bekerja di kantor? Mungkin ada banyak penyebab kenapa bisa kita tidak merasa nyaman. Mungkin salah satu penyebabnya dari lingkungan kantor atau rekan kerja kantor. Nah untuk mengatasi semua itu aku akan memberikan tips yang mudah agar teman-teman semua bisa merasakan nyaman saat teman-teman bekerja di kantor.
Tapi sebelum itu aku akan menjelaskan apa saja sih penyebab tidak nyamannya saat bekerja di kantor.
1. Banyak Orang Toxic
Sifat orang-orang di tempat kerja sangat mempengaruhi kenyamanan tempat kerja tersebut. Bahkan lebih mempengaruhi dibanding kondisi fisik tempat tersebut. Jika orang-orangnya menyenangkan, maka tempat kerja menjadi menyenangkan juga sehingga kita menjadi merasa nyaman.
Namun, jika banyak orang-orang yang toxic di tempat kerja, maka tempat kerja tersebut akan menjadi tidak nyaman. Misalnya jika banyak orang yang suka gosip, fitnah, atau melakukan diskriminasi. Pasti akan banyak yang keluar karena tidak nyaman bekerja di tempat seperti itu.
2. Pola Kerja Tidak Jelas
Pola kerja mulai dari pembagian tugas, cara menyelesaikan, dan lain sebagainya harus diatur dengan jelas. Jika tidak, akan membuat pekerja menjadi bingung. Bahkan tidak jarang terjadi perebutan tugas hingga saling klaim hasil pekerjaan. Hal ini tentu membuat tidak nyaman karena tidak bisa fokus dengan pekerjaan.
3. Berebut Jabatan
Di dalam tempat kerja umumnya ada hierarki atau susunan jabatan tertentu. Tentunya ada jabatan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Jabatan yang lebih tinggi tersebut umumnya mendapat benefit serta kekuasaan yang lebih. Oleh sebab itu, tidak jarang terjadi perebutan jabatan di tempat kerja. Hal ini akan membuat tempat kerja tersebut menjadi tidak nyaman.
4. Hubungan Antar Pekerja Tidak Baik
Hubungan antar pekerja juga akan mempengaruhi kenyamanan. Jika semua pekerja guyub rukun dan tidak ada masalah, maka kemungkinan besar semuanya akan merasa nyaman. Namun bila ada yang bermusuhan, maka akan membuat orang tersebut menjadi tidak nyaman bekerja di tempat tersebut.
Tak dapat dipungkiri lagi jika kondisi lingkungan kerja yang nyaman, dan kondusif menjadi incaran penting bagi sebagian karyawan. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi suasana hati, semangat, dan kinerja.
Suasana yang suram dapat membuat karyawan merasa tidak nyaman, stres, dan kurang produktif. Itulah sebabnya menciptakan lingkungan yang nyaman sangat penting bagi keberhasilan perusahaan secara keseluruhan.
Bila menekuni pekerjaan dengan hati yang senang, pasti semuanya akan berjalan dengan lancar. Banyak faktor yang mempengaruhi kenyamanan kita saat bekerja di kantor, baik itu dari diri sendiri maupun rekan kerja lain. Nah agar teman-teman dapat leluasa bekerja dengan penuh kenyamanan, coba terapkan tips berikut ini dengan baik ya!
1. Komunikasi yang lancar
Cobalah untuk membangun komunikasi yang baik antar sesama rekan kerja maupun komunikasi dengan atasan kamu. Jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikan sesuatu yang ada di hati maupun di pikiran kamu selama itu tujuannya untuk kebaikan bersama.
2. Kenali lingkungan kantor
Setiap tempat kerja pasti memiliki peraturan yang tidak terucapkan. Kamu bisa mencari tahu tentang peraturan tersebut dari rekan kerja yang telah lama bekerja di sana ya.
3. Jangan Mengeluh di Tempat Kerja
Menurut sebuah studi, pegawai yang menyenangkan jarang mengeluh di kantor. Itulah yang membuat dirinya selalu melakukan pencapaian-pencapaian hebat. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki target dalam bekerja dan fokus bekerja tanpa mengeluh untuk mencapainya.
4. Hindari & kontrol memicu emosi
Cobalah untuk menjaga perilaku agar tidak ada orang yang dirugikan atas emosi yang sedang kamu alami & kamu bisa menenangkan diri dengan menyendiri sambil melampiaskan emosi dengan berdoa pada Tuhan
Semoga empat tips nyaman kerja dikantor dapat bermanfaat ya buat teman-teman semua. Terimakasih dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.